Jauhar Minta Paser Serius Tingkatkan Status IDM

Foto : Ist

SAMARINDA - Pelaksana tugas (Plt) Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Dr HM Jauhar Efendi meminta komitmen dukungan pencapaian target peningkatan status Indeks Desa Membangun (IDM) desa se Kaltim, tak terkecuali Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Paser.

.

Dia meminta Pemkab Paser melalui DPMD Paser untuk serius mendorong peningkatan status IDM desa untuk mendongkrak peningkatan status secara provinsi.

.

"Kalau bisa DPMD duduk bersama Tenaga Pendamping Profesional (TPP) memetakan indikator apa yang akan ditingkatkan dari desa sasaran target peningkatan status IDM," kata M Jauhar Efendi saat memimpin rapat koordinasi kunjungan kerja DPMD Paser, di Ruang Rapat Kantor DPMPD Kaltim, baru-baru ini.

.

Rata-rata IDM Kabupaten Paser masih pada status berkembang dengan nilai 0,6092 sementara rata-rata status IDM Kaltim sudah meningkat menjadi berkembang dengan nilai 0,6241.

.

Menurut Jauhar, dari 139 desa hanya satu yang berstatus mandiri. Selebihnya masih sembilan desa berstatus maju, 77 desa berstatus berkembang, 47 desa berstatus tertinggal, serta 5 desa berstatus sangat tertinggal.

.

"Kita harapkan program dan kegiatan DPMD mengarah peningkatan indikator penilaian yang masih kurang untuk mendongkrak status IDM, khususnya status sangat tertinggal dan tertinggal ditingkatkan menjadi berkembang," jelasnya. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait