Jauhar: Pencairan Dana Desa Sudah Berlangsung

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi mengatakan proses pencairan dana desa tahun 2019 sudah berlangsung dan dilaksanakan pemerintah desa  di masing-masing wilayah pada tujuh kabupaten di  Kaltim.

"Pencairan dana desa untuk tahap kedua sudah berlangsung, bahkan untuk tahap ketiga," kata Jauhar Efendi di Pendopo Odah Etam, Selasa (1/10/2019). 

Ditambahkan, seperti pencairan dana desa tahun-tahun sebelumnya, Progres dana desa itu meningkat pada akhir tahun dan  meningkat yang selama ini pencairannya bisa mencapai diatas 90 persen.

"Hal itu disebabkan pemerintah desa masih fokus pada alokasi dana desa. Dimana dalam alokasinya terdapat komponen yang harus diselesaikan. Seperti gaji kepala desa beserta perangkatnya, termasuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Walaupun demikian kita yakin progres pencairan dana desa akan melonjak pada akhir tahun," paparnya.  

Jauhar mengatakan betapa pentingnya dana desa yang digulirkan pemerintah  untuk memajukan banyak desa di Indonesia termasuk desa-desa di Kaltim. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dana desa agar benar-benar dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

"Melalui dana desa,  tentunya kita harapkan sebuah desa bisa mandiri dan berkembang. Walaupun masih  banyak  hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan. Misalnya pembangunan infrastruktur, berbagai sarana dan fasilitas desa,  sehingga  manfaatnya   bisa dirasakan   masyarakat," ungkap Jauhar Efendi.(mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation