Jauhar Tegaskan Kades Ujung Tombak Kemajuan Pembangunan

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim.Jauhar Efendi mengatakan kepala desa (kades) merupakan ujung tombak kemajuan pembangunan di wilayahnya.

"Terkait itu, kita diharapkan kades dengan besaran Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang disalurkan pemerintah setiap tahunnya, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memajukan desanya," kata Jauhar Efendi, Kamis (26/09/2019).

Jauhar menambahkan kades mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan Termasuk memajukan desanya dengan bersinergi dan melakukan inovasi mengembangkan semua potensi sumber daya yang dimiliki.

"Suksesnya pembangunan desa tergantung dari inovasi dan kreatifitas kadesnya. Bersama masyarakat desa mengembangkan semua potensi sumber daya yang dimiliki. Seperti potensi pariwisata, pertanian maupun sektor perkebunan rakyat. Termasuk dalam upaya peningkatan ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Selain inovasi dan kreatifitas, lanjut Jauhar terpenting, para kades harus bisa bersinergi dengan pihak lainnya. Baik unsur pemerintah maupun pihak swasta guna memajukan dan mengembangkan desanya.

Sekarang ini, kata Jauhar, kepala desa, perangkat desa serta pendamping desa, dapat bersinergi terhadap pengelolaan dan perencanaan desa agar tepat sasaran. Sehingga bisa menghasilkan kembali untuk menggerakkan ekonomi dan pembangunan desa,

"Dengan menggerakkan ekonomi desa, diharapkan desa tersebut dapat mandiri dan produktif dalam mengembangkan potensinya. Sehingga tidak saja berimbas pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Juga memajukan dan mengembangkan desanya," ungkap Jauhar Efendi. (mar/her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation