Jelang Lebaran 2017, Dishub Siapkan 2000 Armada

 

SAMARINDA - Dinas Perhubungan  (Dishub) Kaltim dan kabupaten/kota bersiap jelang lebaran tahun ini dengan menyediakan 2000 lebih armada angkutan lebaran baik untuk angkutan darat, laut dan sungai. Kepala Dishub Kaltim Salman Lumoindong  menjelaskan semua jajaran perhubungan baik instansi pusat dan daerah sudah siap menghadapi angkutan lebaran 2017. Diantaranya PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) maupun Organisasi Angkutan Darat (Organda) sudah menyatakan kesiapan, termasuk menyiapkan armada cadangan.

 

"Berdasarkan laporan yang disampaikan jajaran Pelni dan Organda, setidaknya sudah disiapkan 2000  lebih armada untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, baik pada arus mudik maupun pada arus balik lebaran mendatang," kata Salman usai mengikuti rapat koordinasi penyelenggaraan angkutan lebaran 2017 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Senin (12/6) lalu.

 

Dari jumlah armada tersebut, lanjut Salman sebanyak 27  unit kapal laut sudah siap. Demikian dengan angkutan fery  Balikpapan-PPU maupun kapal sungai menuju ulu Mahakam yakni di Kabupaten Kutai Barat maupun Mahakam Ulu juga sudah dipersiapkan. "Pada intinya jajaran perhubungan provinsi dan kabupaten/kota  dengan Pelni maupun Organda sudah siap menghadapi lebaran 2017," kata Salman.

 

Terkait posko-posko arus mudik lebaran yang nantinya sudah didirikan pada H-15,  baik pada  jalur Samarinda-Balikpapan, Samarinda-Bontang, Bontang-Sangata, maupun tempat strategis di terminal dan pelabuhan,  Salman mengharapkan agar dinas instansi terkait bisa terus berkoordinasi demi kelancaran tugas hingga arus balik lebaran. "Oleh karena itu, diharapkan agar semua  dinas instansi maupun badan  dalam mengantisipasi arus mudik dan arus balik lebaran semuanya bisa  melakukan tugas dan fungsinya dengan penuh tanggung jawab.

 

"Jangan sampai nanti ada poskonya tapi tidak ada orangnya. Atau ada orangnya tapi tidak ada fasilitasnya. Diharapkan semuanya bisa terpadu dan berkoodinasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pada arus mudik maupun arus balik lebaran," kata Salman. (mar/sul/es/humasprov) 

 

Berita Terkait
Government Public Relation