Jelang Pemilu, KPU Kaltim Gelar Doa Bersama, Gubernur Isran Mengajak Pertahankan Kaltim Aman dan Kondusif

Gubernur Kaltim Isran Noor (seno/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Pelaksanaan Pilpres dan Pileg Serentak 2019 tinggal menghitung hari. KPU Kaltim selaku penyelenggara pemilu di daerah menggelar Doa Bersama Menjelang Pemilu Serentak 2019 dalam rangka Menjaga Kondusifitas Pelaksanaan Pemilu 2019 di Aula KPU Kaltim Jalan Basuki Rahmat Samarinda, Sabtu (13/4/2019) malam.

Gubernur Isran Noor berharap masyarakat Kaltim melaksanakan Pemilu Serentak dengan segala kegembiraan dan ketulusan. Menurut dia, pemilu ini hukumnya wajib harus dilaksanakan karena hak dan kewajiban sebagai WNI.

"Kondisi Kaltim sangat bagus dan kondusif. Kondisi daerah kita termasuk zona yang memiliki keamanan dan kedewasaan dalam mengadakan pemilu serentak. Apapun hasilnya adalah kehendak Allah dan harus kita terima dengan lapang dada. Kita semua harus tetap menjaga keadaan ini tetap aman dan kondusif," harapnya.

Isran Noor juga mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya serta ikut mengawasi pelaksanaan Pemilu. Sehingga pesta demokrasi lima tahunan ini bisa sukses penyelenggaraannya dan angka partisipasi pemilih juga meningkat. "Kita awasi bersama kegiatan pemilu ini. Hanya dengan itu kita bisa menikmati kebahagian dan menikmati sebuah kesenangan kita dalam kegiatan demokrasi politik. Jangan kita mudah percaya hoaks yang beredar. Mari kita jaga daerah ini tetap aman dan kondusif sebelum maupun sesudah pemilu," pesannya.

Sementara Ketua KPU Kaltim Rudiansyah, mengatakan pihaknya selaku lembaga penyelenggara terus berupaya melakukan yang terbaik agar penyelengaraan berjalan baik dan lancar. KPU, lanjut dia, terus melakukan pengecekan surat suara dibantu Polres setempat. "KPU yakin mampu meningkatkan partisipasi pemilih tahun ini. Kami mengimbau masyarakat terus menjaga kondusifitas agar pemilu berjalan tertib dan damai," kata Rudiansyah.

Demikian halnya dari aparat TNI dan Polri di Kaltim, melalui Danrem 091/ASN Brgijen TNI Widi Prasetijono dan Kapolres Samarinda Kombes Polisi Vendra Riviyanto menyatakan kesiapan mereka menjaga keamanan dan menjamin masyarakat memilih sesuai keinginannya tanpa adanya intimidasi dari pihak manapun, sehingga terwujudnya pelaksanaan pemilu serentak 2019 yang lancar, aman dan damai.

Tampak hadir Kepala Badan Kesbangpol Kaltim Yudha Pranoto, para Komisioner dan Sekretaris KPU Kaltim, tokoh masyarakat dan pembina forum-forum binaan Badan Kesbangpol Kaltim Jos Soetomo. Setelah doa bersama dilanjutkan nonton bareng (nobar) debat kelima capres dan cawapres yang disiarkan langsung sejumlah TV swasta nasional pada pukul 21.00 Wita. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait