Jelang Pilgub 2018, Rukun dan Damai dalam Keberagaman

Awang Faroek Ishak

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta kepada seluruh lapisan masyarakat  Kaltim,  untuk terus menjaga  dan memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Karena dengan kondusifitas daerah maka penyelenggaraan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim 2018 akan terlaksana dengan aman dan lancar. "Tahun ini sebanyak 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten  akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada)  serentak, tepatnya pada 27 Juni 2018, termasuk Kaltim yang akan melaksanakan pemilihan gubernur dan pemilihan bupati dan wakil bupati Penajam Paser Utara," kata Awang Faroek Ishak  saat penandatangan MoU dengan Kapolda KaltimBrigjen Pol Priyo Widyanto  terkait penyelenggaraan pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri bagi putra daerah di daerah tertentu yang berlangsung di Kantor Gubernur, Jumat (2/1) lalu.

 

Dikatakan,  tetap  terjaganya serta terpeliharanya kondusifitas daerah merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah bersama aparat keamanan baik Polri maupun TNI. Namun dukungan seluruh komponen masyarakat akan menjadi kunci sukses bagi terciptanya suasana kondusif tersebut. Peran serta masyarakat sangat penting untuk turut menjaga serta memelihara keamanan dan kedamaian daerah. "Pemerintah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta didukung TNI/Polri melibatkan beberapa komponen masyarakat secara intensif  melakukan komunikasi dengan masyarakat untuk membangun Kaltim yang tetap damai dan kondusif," ujarnya.

 

Ditambahkan, di Kaltim  banyak terbentuk  paguyuban (organisasi kemasyarakatan/ormas) maupun kelompok suku maupun kedaerahan. Keberadaanya  diharapkan  menjadi satu kesatuan yang kokoh bukan justru menjadi terpecah belah. Semua harus hidup rukun dan damai dalam keberagaman yang sesungguhnya merupakan kekayaan besar bangsa ini. "Forum-forum yang telah terbentuk harus selalu  berkoordianasi dan  bersinergi dengan pemerintah dalam menjaga persatuan dan kesatuan termasuk tetap terpeliharanya dan terjaganya Kamtibmas di seluruh wilayah Kaltim, sehingga pelaksanaan Pilgub Kaltim berjalan lancar dan aman," pesan Awang Faroek. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait