Jelang Pilkada Serentak di Kabupaten/Kota, Pemprov Kaltim Siapkan Pelaksana Tugas

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Pemprov Kaltim segera bergerak cepat dalam mendukung dan menyukseskan tahapan penyelenggaraan Pemilukada Serentak 2020 di Benua Etam. Salah satunya akan mempersiapkan siapa saja yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Daerah Kabupaten/Kota, apabila di daerah tersebut kedua pimpinan daerahnya ikut serta dalam pesta demokrasi.

 

"Jadi, Plt Bupati atau Walikota tetap ada. Apabila kedua pimpinan di kabupaten dan kota tersebut maju sebagai calon kepala daerah, maka tentu ada Plt yang akan ditunjuk melaksanakan tugas kepala daerah itu," kata Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Dr HM Jauhar Efendi, di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (8/7).

 

Jauhar menjelaskan, penunjukkan atau penetapan Plt tersebut tentu menjadi hak preogratif Gubernur dan pastinya diusulkan terlebih dulu ke Menteri Dalam Negeri.

 

Karena itu, sesuai arahan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor, bahwa mendukung penyelenggaraan Pemilukada Serentak Pemprov Kaltim harus bergerak cepat.

 

"Kita akan bergerak cepat mengenai hal ini. Dengan berkoordinasi dengan KPU maupun Pengawas Pemilu. Karena saat ini kondisi Pandemi Covid-19, tentunya harus hati-hati dan melaksanakan protokol kesehatan dalam menyukseskan pesta demokrasi di daerah," jelasnya.

 

Prinsipnya, lanjut Jauhar, Pemprov Kaltim siap menyukseskan proses Pemilukada Serentak di Benua Etam. (jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait