Jelang Ramadan, Dadang Pastikan Stok Daging Masih Aman


SAMARINDA - Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim H Dadang Sudarya mengatakan menjelang Ramadhan dan menghadapi Idul Fitri 1440 Hijriah tahun ini persediaan komoditi asal ternak baik daging ayam dan sapi maupun telur stok masih aman atau persediaan mencukupi.

Dadang mengungkapkan pihaknya sudah menyiapkan dengan sebaik-baiknya agar stok untuk kebutuhan daging mencukupi bahkan melebihi. 

"Ketersediaan masih aman. Stok kita melebihi dari kebutuhan. Terutama ayam ras pedaging stoknya justru surplus. Jadi tidak perlu khawatir kekurangan menjelang Ramadhan maupun menghadapi Idul Fitri," kata Dadang Sudarya, usai menghadiri apel Siaga Satlinmas Pengamanan Pemilu 2019 di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (4/4/2019). 

Karenanya, Dadang meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan kekosongan stok daging yang berakibat kenaikan harga signifikan. 

"Kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait. Kami meminta pelaku usaha tidak menaikkan harga. Sebab ayam, daging sapi dan telor masih cukup tersedia," ujarnya. 

Dadang Sudarya menambahkan daging ayam ras itu dipenuhi dari lokal. Daging sapi lokal baru dipenuhi 27 persen. Sisanya didatangkan dari Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Tengah.

"Untuk menjaga stabilitas stok dan harga, terutama menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Kami akan turun ke lapangan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) dengan Gubernur bersama dinas/instansi terkait lainnya," kata Dadang Sudarya.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait