Jembatan Mahakam IV Kelar Tahun Ini

Jembatan Mahakam IV terus dikebut. Prediksi rampung Desember 2018. (dok/humasprov kaltim)

SAAT kunjungan kemarin, Gubernur Awang Faroek Ishak  juga mendapat penjelasan tentang progres pembangunan Jembatan Mahakam IV yang saat ini terus dikebut pengerjaannya. Penjelasan disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kaltim HM Taufik Fauzi melalui radio handy talky (HT) saat rombongan melintas di sekitar Jembatan Mahakam. 

"Untuk jalan pendekat sisi Samarinda Seberang progresnya sudah mencapai  89 persen. Sisi kota progresnya 87 persen, sedangkan untuk bentang tengah mencapai 74,79 persen," kata Taufik Fauzi.

Saat ini lanjut Taufik Fauzi, sudah terpasang 42 batang girder pada pier masing-masing dari 62 girder. Pemasanngan menggunakan dua crane. Sementara  jalan pendekat di sisi kota akan dilakukan dengan launcher yang sudah terpasang dua unit dan tinggal mengangkat girder.  

Untuk bentang tengah, lanjut Taufik sudah berkoordinasi dengan KSOP terkait penggunaan alur Sungai Mahakam. Jadi penggunaan alur tersebut akan dilaksanakan pada siang hari dan pada malam hari akan digunakan oleh ponton batu bara. 

"Sekarang ini ponton-ponton batu bara sudah stop pada siang hari dan akan dilakukan pada malam hari. Secara teknis tidak ada masalah," ujarnya.

Sementara untuk pembangunan pilon 13 ditargetkan tersambung pada Oktober dan penyambungan bentang tengah Jembatan Mahakam IV diyakini selesai pada Desember,  termasuk  penyelesaian jalan pendekat kedua sisi rampung pada Nopember 2018. (mar/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation