Job Fair Market 2013 Ditarget Serap 3.000 Tenaga kerja

 SAMARINDA -  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim kembali akan menggelar Pameran Bursa Kerja atau Job Fair Market 2013 yang akan digelar pada bulan April. Kegiatan yang telah berlangsung selama empat tahun terakhir ini ditargetkan dapat menyerap 3.000 orang pencari kerja.

Demikian dikatakan Kepala Disnakertrans Kaltim, H. Ichwansyah melalui  Kepala Bidang Pengembangan Tenaga Kerja, HS. Abdullah, di  Samarinda (Jumat (22/3).

“Untuk Job Fair Market tahun ini kita menargetkan  penyerapan tenaga kerja  sebanyak 3.000 orang melalui  beberapa tahapan  dan berlangsung di beberapa kota besar di Kaltim yaitu di Kota Samarinda, Tarakan, Bontang dan Balikpapan,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan tahap pertama akan  dilangsungkan di Samarinda pada tanggal  10-13 April dengan berbagai kegiatan terkait yaitu Lokakarya dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja serta kegiatan pameran Bursa Kerja yang melibatkan Usaha Kecil dan Menengah (UMK).

Job Fair 2013 rencananya diikuti oleh 400 buah perusahaan dari berbagai sektor, mulai dari pertambangan, jasa perhotelan, perbankkan, administrasi, konstruksi, hingga lapangan kerja bidang keamanan, kebersihan, transportasi dan jasa katering.

“Tujuan dari Pameran Bursa Kerja atau Job Fair Market ini adalah mempertemukan antara pencari kerja dengan penrusahaan pengguna tenaga kerja sesuai dengan kompetensi kebutuhan pasar kerja dalam upaya untuk menurunkan jumlah angka pengangguran,” ujarnya.

Diharapkan para angkatan kerja dan pencari kerja di Kaltim dapat memanfaatkan kesempatan Pameran Bursa Kerja ini dengan sebaik-baiknya, dengan ikut serta berpartisipasi  sesuai  pelaksanaan di empat kota besar di Kaltim yang ditetapkan.

Dengan masih tersedianya waktu, diharapkan pera pencari kerja dapat melengkapi syarat-syarat administrasi  yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Selain itu, pencari kerja harus rajin mengunjungi kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di masing-masing kota, agar tidak tertinggal informasi.

“Kita berharap, seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan Job Fair Market ini dapat sukses menyerap tenaga kerja sesuai dengan target yang kita harapkan. Selain itu, diharapkan juga kegiatan ini dapat dibuka oleh Gubernur Kaltim Dr. H. Awang Faroek Ishak,” ujarnya.(yul/hmsprov)

Berita Terkait