Jokowi Hadiri HPN2020, Tegaskan IKN Berbasis Forest City dan IT Canggih

Foto : Fadli

BANJARMASIN - Mengawali kegiatannya pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN2020),  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman pohon di lokasi Taman Pers Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Banjarbaru, Sabtu (8/2/2020).

Saat penanaman pohon Presiden didampingi Ketua DPR-RI Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Menkopolhukam Mahdfud MD, Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono serta Menhut Siti Nurbaya Bakar.

Pada penanaman pohon di Taman Pers ini tidak ada kata sambutan secara khusus dari Presiden Jokowi. Namum sempat menyampaikan penjelasan pers singkat (doorstop) kepada sejumlah media massa lokal dan nasional.

Dalam penjelasan kepada awak media, Presiden Jokowi lebih menekankan betapa pentingnya pohon bagi kehidupan yang mengarah pada kesehatan manusia.

Pada acara Peringatan HPN yang berlangsung di kawasan Kantor Gubernur di Banjarbaru yang memiliki luas lahan 500 hektar ini, Presiden Jokowi secara singkat menyampaikan sambutannya yang tidak lebih 8 menit. Dia menekankan keseriusannya dalam memindahkan ibukota negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Pindahnya IKN dari Jakarta ke Kaltim tidak hanya memindah gedung dan manusia. Tetapi memindah ibukota negara yang berbasis tehnologi informasi tinggi. Sehingga merubah budaya kerja yang lebih produktif dengan suasana yang ramah lingkungan," ungkap Jokowi.

Karenanya, IKN baru dipastikan ramah bagi pejalan kaki, ramah lingkungan dalam penerapan transportasi berbasis elektrik.

Menyinggung peran Pers, mantan Walikota Solo yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengakui peran Pers luar biasa. Hal itu dibuktikan informasi pemindahan IKN sudah diketahui seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia berkat peran Pers.

Demikian juga masalah Virus Corona dengan penyebaran dan langkah antisipasinya juga sampai seluruh pelosok dunia karena pemberitaan Pers melalui media. Presiden Jokowi, mengakui selalu rindu terhadap kehadiran media dengan fungsi sosial controlnya.

Dalam lawatan saya ke beberapa wilayah didalam dan luar negeri, saya sering tidak membawa menteri. Tapi wartawan selalu saya ajak," ungkap Jokowi disambut tepuk tangan peserta HPN.

Diakhir sambutanya, Presiden mengajak insan pers agar punya kometmen terhadap pembangunan bangsa. Tidak memberitakan negatifnya, tetapi secara objektif mampu memberitakan hasil-hasil pembangunan. Termasuk Pers harus mampu membuat kondusif Pesta Demokrasi bagi 279 daerah yang akan berlangsung secara serentak dalam waktu dekat.

Sementara Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyambut baik telah ditetapkanya Ibukota negara di Kaltim. Provinsinya sebagai saudara tua Kaltim mendukung penetapan tersebut. 

"Bahkan terpilihnya Kaltim sebagai IKN maka Bumi Lambung Mangkurat akan jadi pintu gerbang. Pasti akan pesat pembangunan disini," ujar Sahbirin Noor.

Karenanya, mereka akan all out dalam mendukung IKN di Kaltim. "Kalo IKN kurang lahan, Kalsel sudah menyiapakan 350 ribu hektar cadangan lahan," tegasnya disambut senyum Presiden Jokowi.

Terkait dipilihnya Kalsel sebagai pusat kegiatan HPN 2020, Sahbirin Noor menyatakan kegembiraannya karena sudah dapat dipastikan Bumi Lambung Mangkurat akan lebih banyak dikenal masyarakat luar.

Sementara itu Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari menekankan pentingnya regulasi bagi sejumlah media online.

"Adanya wadah berpijak berupa regulasi yang jelas bagi media online dipastikan tidak ada lagi berita Hoax," ungkapnya.

Ketua Umum PWI Lusat yang juga mantan Ketua Wartawan Seksi Olahraga (SIWO) PWI, berjanji segera menyusun draft regulasi sehingga karya jurnalistik bagi media online akan mengarah ke karya jurnalistik yang profesional.

Acara HPN 2020 yang bertemakan"Pers Menggelorakan Kalimantan Selatan Gerbang Ibukota Negara" ini ditandai dengan penyerahan anugrah Adinegoro sebuah anugrah prestisius dikalangan insan Pers dan penyerahan Anugrah Budaya oleh Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari.

Penerima anugrah Adinegoro pada peringatan HPN2020 yakni Margarahayu (katagori Radio dari LPP RRI Samarinda), kategori ciber diraih Mohammad Amin dari Riau Pos, kategori Televisi diraih oleh Rahdhini, foto diraih Affan Adenensi Reza Fatoni dari SKH Kompas, sedangkan kategori karikatur diraih Joko Susilo dari SKH Rakyat Merdeka.

Selain anugrah Adinegoro pada acara peringatan HPN 2020 juga diserahkan Anugrah Budaya kepada 10 Bupati dan Walikota.(and/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait