JPD Kaltim III Resmi Dibuka Tingkatkan Semangat Nasionalisme

JPD Kaltim III Resmi Dibuka Tingkatkan Semangat Nasionalisme

SAMARINDA - Jambore pemuda harus mampu menjadi media yang tepat untuk penguatan wawasan kebangsaan bagi pemuda dengan memahami berbagai potensi budaya dan kekayaan alam sebagai sumber utama pembangunan nasional yang berujung pada peningkatan kreatifitas pemuda pada peningkatan kapasitas organisasi (capacity building).

Demikian dikatakan Asisten III Bidang Kesra Sekprov Kaltim H Bere Ali mewakili gubernur Kaltim saat membuka Jambore Pemuda Daerah (JPD) III di Lapangan Arena Sepatu Roda Komplek Stadion Utama Palaran, Selasa (25/3).

  Bere juga mengajak para pemuda Kaltim  untuk meningkatkan semangat nasionalisme, kesatuan dan persatuan di kalangan pemuda, mengembangkan jaringan kerjasama untuk merintis dan mengembangkan kegiatan usaha produktif berbasis potensi sumber daya alam daerah, serta meningkatkan kesadaran dan rasa cinta Tanah Air melalui kegiatan penghijauan sebagai bentuk nyata kepedulian pemuda terhadap lingkungan.

  "Saya berharap JPD III ini mampu  meningkatkan produktifitas dan menjauhkan pemuda dari perilaku destruktif dengan memberikan beragam kegiatan positif, sekaligus dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan teknis yang berguna agar dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat," ujarnya.

  Sementara Kabid Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim M Syahriel mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pengembangan wawasan kreativitas pemuda  melalui pengembangan sentra-sentra potensi pemuda sesuai dengan karakteristik. 

Dia menambahkan, JPD III ini sekaligus akan menjadi media seleksi untuk menjadi wakil Kaltim pada ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI). Sebab itu, mereka harus mampu menampilkan kreativitas dan kemampuan serta memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang seni budaya dan potensi budaya daerah.

Panitia akan memilih 20 peserta terbaik (quota setiap provinsi) untuk mewakili Kaltim pada JPI yang akan digelar di Yogyakarta, Oktober nanti.

JPD III akan digelar 25-28 Maret. Para peserta akan mengikuti kegiatan seni, maupun kreativitas dari masing-masing daerah, juga pemberiann ceramah wawasan kebangsaan, seni budaya dan bahasa Inggris.  (sar/sul/es/hmsprov).

////FOTO : Asisten Kesra Sekprov Kaltim memberi ucapan selamat kepada peserta JPD III. Mereka harus melewati seleksi untuk menjadi wakil Kaltim di ajang Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Yogyakarta, Oktober nanti.(sarjono/humasprov kaltim)

Berita Terkait