Jual Potensi Kaltim di RDM

Ir H Nazrin

 

Jual Potensi Kaltim di RDM 

 

SAMARINDA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI akan menyelenggarakan Regional Diplomatic Meeting (RDM) di Kota Makassar pada 15-17 Nopember 2017. Mengingat pentingnya kegiatan tersebut, maka seluruh Gubernur, Walikota, Bupati se-Indonesia dan para Duta Besar negara sahabat. Kepala Biro Ekonomi Setprov Kaltim  Ir H Nazrin mengatakan RDM ini diselenggarakan berdasarkan rapat pleno  Badan Kerja Sama Parlemen  Dewan Perwakilan Daerah (BKSP-DPD) RI untuk memperkuat kerjasama daerah dan negara sahabat. Negara-negara sahabat akan diwakili para Duta Besar negara sahabat di Jakarta.

 

Berdasarkan  hasil  rapat pendahuluan dengan DPD RI, lanjut Nazrin  Gubernur  Kaltim  Dr H Awang Faroek Ishak akan menghadiri RDM didampingi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Menurut Nazrin, tujuan  pertemuan para kepala daerah, Duta Besar dan DPD RI  adalah untuk memperkuat kerjasama  dan menarik investasi ke daerah-daerah. "Kita harapkan hasil RDM nanti akan memperkuat kerjasama yang telah dilakukan bersama negara-negara sahabat, termasuk menemukan investor-investor baru yang akan menanamkan modalnya ke Kaltim, " kata Nazrin, Rabu (25/10).

 

Tindak lanjut kegiatan dari keinginan para pihak dalam pertemuan tripartit akan direkomendasi melalui forum atau kelompok kerjasama provinsi dan kedutaan negara sahabat untuk pembangunan dan investasi (Provincial Goverment dan Embassy Working Group on Development and Investment). Tugas dari working group ini, kata  Nazrin adalah untuk melakukan monitoring pengembangan kerjasama daerah dan negara sahabat  dan promosi potensi daerah dengan mitra dari luar negeri.

 

Tujuan working group adalah memberikan penguatan kualitas hubungan daerah dan luar negeri yang saling menghormati dan menguntungkan kedua belah pihak. Oleh karena itu, Pemprov Kaltim sudah mempersiapkan bahan-bahan potensi daerah yang akan disampaikan. Paparan ini diharapkan dapat lebih banyak menarik minat investasi asing masuk ke Kaltim. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait