Kalimantan Timur
Juara Turnamen PGK Bisa Tularkan Prestasi PON Jawa Barat

SAMARINDA - Skuad Pusamania Borneo Football Club (PBFC) Samarinda berhasil mengalahkan tim Madura United dengan skor 1-0. Pada laga Final Piala Gubernur Kaltim 2016 di Stadion Utama Palaran Samarinda, Minggu malam (13/3).

Gol penentu kemenangan PBFC dicetak Ponaryo Astaman pada menit ke-98. Tendangan bebas Ponaryo menembus gawang Madura United yang dikawal Hery Prasetyo. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengaku gembira dan bersyukur karena tim asal Kaltim mampu menjuarai turnamen ini. 

Prestasi ini diharapkan Gubernur akan menular ke tim sepakbola PON Kaltim 2016 di Jawa Barat hingga mereka kelak juga  berhasil meraih medali emas yang sebelumnya telah diraih pada PON 2012 di Riau.

"Kami bersyukur tim asal Kaltim bisa menjuarai turnamen ini. Artinya, kembali tim asal Kaltim mampu meraih prestasi di tingkat nasional. Semoga prestasi ini mampu bertahan hingga PON XIX Jawa Barat,” kata Awang Faroek Ishak usai menyaksikan laga final PGK 2016.

Awang mengaku senang karena prestasi yang diraih PBFC mengingatkan prestasi PON Kaltim ketika final sepakbola PON XVIII di Riau,  dimana Kaltim mampu meraih kemenangan dengan skor yang sama.

Karena itu, diharapkan prestasi tersebut dapat memberikan motivasi kepada atlet PON Kaltim, sehingga prestasi yang pernah diraih dapat dipertahankan. “Saya harap ini bisa terwujud,” harap Awang.

Selain itu, dari arahan Gubernur Awang Faroek Ishak mengatakan sangat mendukung kemajuan olahraga Indonesia khususnya persepakbolaan nasional. Hal itu, karena belum adanya titik temu persepakbolaan nasional saat ini.

“Kami menawarkan kepada pemangku kepentingan persepakbolaan di Tanah Air. Kaltim siap memfasilitasi dan menjadi tuan rumah penyelesaian permasalahan sepakbola di Indonesia,” ujar Awang.

Pemprov Kaltim memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh sponsorship dan pendukung turnamen hingga penyelenggaraan ini berlangsung sukses. Mulai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Kejaksaan Tinggi Kaltim, Direktur Utama Bank Kaltim, Tim Transisi Tata Kelola Sepakbola Indonesia dan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI)  serta KONI Pusat.

Pertandingan sebelumnya mempertemukan Arema cronus menghadapi Sriwijaya FC dalam perebutan tempat ketiga. Skor akhinya adalah kemenangan Arema Cronus 3-1 dan menempatkan Arema Cronus di posisi ketiga dan Sriwijaya FC di posisi keempat. (jay/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait