Jumlah Koperasi di Kaltim Terus Bertambah

SAMARINDA- Pemprov Kaltim  melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltim sangat peduli dan mempunyai komitmen nyata dalam memberikan pembinaan dan perlindungan kepada koperasi dan UMKM. Hasilnya  jumlah koperasi di Kaltim terus bertambah setiap tahunnya.

Pertumbumbuhan dan perkembangan koperasi dan UMK di Kaltim bisa dilihat jumlahnya yang semakin bertambah setiap tahunnya, seperti tahun 2014 jumlah koperasi 5.283 unit yang terdiri koperasi aktif berjumlah 3.841 unit dan koperasi tidak aktif sebanyak 1.442 unit dengan jumlah anggota mencapai 344.310 orang.

"Kemudian tahun 2015 jumlah koperasi bertambah menjadi 5.407 unit dengan koperasi aktif sebanyak 3.501 unit dan tidak aktif 1.906 dengan anggota sebanyak 341.269 orang. Dan jumlah koperasi yang sudah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 901 unit," kata  Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kaltim HM Sa'bani didampingi Kepala Bidang  Koperasi dan UMK  Disperindagkop Kaltim Rodi Ahnadi, Rabu (18/5).

Kesungguhan Pemprov dalam membina, memberdayakan dan memberikan perlindungan kepada koperasi dan UKM, diwujudkan dengan terbitnya Perda Nomor 4/2012 tentang Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Kaltim dan Perda Nomor 9/2012 Tentang Pembentukan PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida).

Koperasi sebagai wadah ekonomi masyarakat yang menjadi soko guru ekonomi nasional harus terus aktif dikembangkan di seluruh pelosok Kaltim. Karena, koperasi bersama dengan UMKM Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)  mampu menjadi pilar perekonomian kerakyatan.

"Kita terus berupaya meningkatkan jumlah koperasi di Kaltim yang tentunya harus dibarengi dengan peningkatan kualitas koperasi, yakni bagaimana koperasi tersebut benar-benar dapat menyejahterakan anggotanya. Karena, keberhasilan pembangunan sektor koperasi tidak hanya dilihat dari jumlah unit koperasi yang ada, namun bagaimana koperasi yang ada itu sehat dan anggotanya sejahtera," paparnya .(mar/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation