Juri Kunjungi Pokdarwis Paser dan PPU

ist

PASER - Juri lomba kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kaltim 2019 secara khusus mengunjungi pokdarwis di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser. Adapun pokdarwis yang dikunjungi yakni Pokdarwis Mayang Permai Kabupaten Paser dan Pokdarwis Tiram Tambun Desa Mentawir Kabupaten Penajam Paser Utara.

Diakui Ketua Tim Juri Pokdarwis Kaltim Rusdiansyah bahwa maksud kunjungan selain ingin melihat langsung potensi wisatanya. "Juga memastikan kondisi daerah dan pemberdayaan masyarakat serta kelengkapan administrasi kelompok tersebut," ujarnya.

Selama kunjungan di PPU, Rabu (2/10) hadir juri lainnya Syarifuddin Tangalindo dan pejabat Dinas Pariwisata Kaltim Fahriar Ananthatur. Juga Kadisbudpar PPU Tita Deritayati dan Sekretaris Andi serta pejabat/staf Disbudpar. Rombongan disambut Ketua Pokdarwis Tiram Tambun Mentawir Lamale bersama anggota kelompok dan aparat desa.

Sementara kunjungan di Paser, Kamis (3/10/) tim juri didampingi Kepala bidang pada Disbudpar Paser Asnawi serta staf disambut Ketua Pokdarwis Mayang Permai Shalihin beserta pengurus pokdarwis dan jajaran desa.

Rusdi (panggilan akrab Rusdiansyah) menjelaskan Pokdarwis Mentawir memilii potensi wisata mangrove dan olahan produk minuman sirup, pupur dan dodol mangrove. "Kalau Mayang Permai menjual wisata pantai, wisata religi makam Raja Bejambe dan Ratu Buradaya, wisata mangrove dan atraksi membuat kapal nelayan serta produk gelas dibuat dari bambu dan sedotannya," ujarnya.

Sejak awal penilaian hingga saat ini, tim juri sudah mengunjungi enam pokdarwis di enam kabupaten/kota. Seperti Kutai Timur, Bontang, Kutai Barat, Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation