Kabupaten dan Kota di Kaltim Diminta Bentuk Balitbangda

SAMARINDA - Setiap daerah sudah seharusnya membentuk lembaga penelitian dan pengembangan atau Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) karena merupakan salah satu elemen penting bagi terselenggaranya penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) di Kaltim.

Hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan Umum Sekprov Kaltim Meiliana dalam acara sosialisasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam rangka mendukung penguatan SIDa Kaltim di rumah jabatan Walikota Samarinda pada Selasa (2/8).

Menurut dia, Balitbangda di daerah memiliki peran sentral dalam menggerakkan penguatan SIDa karena posisi yang diemban sebagai koordinator penyelengaraan program SIDa di daerah. Selain itu, penguatan Balitbangda merupakan salah satu langkah strategis dalam penguatan SIDa agar lembaga iptek dapat berkinerja tinggi sehingga dapat menghasilkan inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan.

"Litbang di daerah merupakan lembaga terdepan karena ada yang mengkaji dan juga dapat memberikan masukan kepada pemangku kebijakan yang paling tinggi," katanya.

Sementara itu, Plh Kepala Balitbangda Muhammad Ramadhan menyebutkan lembaga penelitian dan pengembangan atau Balitbangda di daerah Kaltim hanya terdapat pada tiga wilayah yakni Kutai Timur, Kutai Kartanegara dan Samarinda.

"Untuk Balikpapan masih akan dibentuk. Mudah-mudahan daerah lainnya juga segera dibentuk," katanya.

Terkait kegiatan sosialisasi, Ramadhan mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dalam rangka mendukung penguatan SIDa Kaltim merupakan implementasi dari keputusan bersama Menristek dan Mendagri dalam rangka penguatan sistem inovasi di daerah.

"Dalam rangka penguatan itu, kita salurkan melalui sosialisasi ke seluruh kabupaten atau kota di Kaltim. Kita harapkan sosialisasi ini juga turut mendorong supaya SIDa di daerah segera diberdayakan, karena inilah satu-satunya upaya menggiatkan kreativitas dalam rangka pembangunan daerah," katanya. (rus/sul/es/humasprov) 

Berita Terkait