Kabupaten Didorong Tingkatkan IDM

Foto : Dok. Humas

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) berharap Indeks Desa Membangun (IDM) di Kaltim capaiannya terus meningkat pada tahun-tahun mendatang.

.

Menyukseskan hal itu, dukungan seluruh pemangku kepentingan sangat diperlukan. Khususnya pemerintah kabupaten dan kecamatan untuk mewujudkan peningkatan Desa Mandiri sehingga terwujud masyarakat Kaltim yang berdaulat.

.

"Mendukung IDM tersebut, ke depan desa-desa semakin mandiri," kata Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim yang juga Kepala DPMPD Dr HM Jauhar Efendi dikonfirmasi usai membuka Rakor Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa tahun 2020, di Balikpapan, Senin (10/2/2020).

.

Jauhar menyebutkan saat ini, IDM yang menjadi tolok ukur perkembangan status desa Kaltim tahun 2019 mampu menduduki peringkat 19 secara nasional atau 0,62059 poin. Hal itu, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di Provinsi Kaltim menunjukan capaian kinerja cukup memuaskan.

.

"Untuk wilayah Kalimantan, Kaltim unggul di atas Kalimantan Barat peringkat 22, Kalimantan Tengah peringkat 25 dan Kalimantan Utara peringkat 28," jelasnya.

.

Selain itu, posisi IDM Kaltim juga mampu mengungguli Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Aceh, dan Sumatera Utara. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait