Kabupaten/Kota Diminta Segera Bentuk BKKBD

Kabupaten/Kota Diminta Segera Bentuk BKKBD

SAMARINDA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim memiliki tugas penting dalam upaya meningkatkan pembangunan program Kependudukan dan KB (KKB) yakni memotivasi pemerintah daerah segera membentuk lembaga di tingkat kabupaten dan kota sesuai nomenklatur BKKBN Pusat.

“Ada tugas lain yang harus didorong yakni agar pemerintah kabupaten dan kota segera membentuk kelembagaan BKKBD,” kata Sekretaris Utama BKKBN Pusat Ambar Rahayu usai melantik pejabat Eselon III di lingkup Perwakilan BKKBN Kaltim, Senin (24/3).

Terlebih penting ujar Ambar, meningkatkan kerjasama dan sinergitas BKKBN dengan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota. Keberhasilan pelaksanaan program akan dicapai secara maksimal jika koordinasi lintas sektor bisa dilakukan dengan baik.

Selain itu, perlu rekrutmen terhadap tenaga Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB). Karena, pengembangan program dan kegiatan KKB dan pembangunan keluarga memerlukan tambahan trenaga di tingkat lapang.

Dalam kesempatan itu Ambar meminta agar BKKBN melakukan inventarissasi keluarga Prasejahtera  dan KS I untuk memastikan mereka sudah terdaftar pada BPJS. Terutama klinik KB, obat dan alat KB jangan sampai terjadi kekosongan serta selalu meningkatkan kemampuan dokter dan bidan.

“Saya berharap agar pejabat eselon III yang baru dilantik dapat bekerjasama untuk kemajuan program KKB di Kaltim. Apalagi sejak Januari lalu telah diberlakukan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui Badan Penyelenggara  Jaminan Sosial (BPJS) yang terintegrasi dengan program KKB,” harap Ambar Rahayu.

Adapun pejabat eselon III yang baru dilantik adalah  Muhammad Hatta sebagai Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi  (KBKR) dan  HN Chasrunsyah sebagai Kabid Pelatihan dan Pengambangan (Latbang). Husnul Hatimah menjabat Kepala Bidang Pengendalian Penduduk (Dalduk)  dan Achmad Taqdir sebagai Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi. Tampak hadir Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Yenrizal Makmur. (yans/sul/adv)

//// Foto : Sekretaris Utama BKKBN Pusat Ambar Rahayu memberi ucapan selamat usai melantik pejabat Eselon III di lingkup Perwakilan BKKBN Kaltim. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait