Kabupaten/Kota Harus Eksploitasi Potensi Wisata

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Daerah


SAMARINDA – Kaltim dengan 14 kabupaten dan kota (termasuk daerah Kaltara) selain terkenal dengan potensi sumber daya alam berlimpah juga dianugerahi keindahan alam serta kekayaan seni budaya masyarakat. Potensi keindahan alam dan seni budaya ini perlu terus dikembangkan agar memberikan manfaat ekonomi yang lebih baik bagi masyarakat
“Kita telah menetapkan tahun kunjungan wisata ke Kaltim.  Kabupaten/kota harus mampu mengeksploitasi potensi wisata seni budaya dan keindahan alam, sehingga mampu mengundang ketertarikan wisatawan nasional dan internasional ke Kaltim,” kata Asisten Pemerintahan H Aji Sayyid Fatur Rahman saat mewakili Gubernur Kaltim pada Festival Mahakam ke-13 di Halaman Masjid Islamic Center Samarinda, Sabtu (2/11).
Menurut dia, Festival Mahakam di Kota Samarinda memberi makna penting dan strategis dalam upaya pemerintah daerah menggairahkan dan memajukan dunia kepariwisataan, sekaligus pelestarian terhadap seni dan budaya.
Selain berdampak pada dunia kepariwisataan daerah, festival ini diharapkan berdampak besar terhadap kepariwisataan nasional dan internasional dengan kehadiran seniman dan budayawan serta pelancong lokal, domestik maupun mancanegara.
“Sangat tepat jika daerah terus membuat berbagai terobosan seperti ini. Festival Mahakam di Samarinda, Erau di Kutai Kartanegara, Birau di Berau dan Irau di Malinau. Selain itu, berbagai event seni  budaya lainnya juga digelar di daerah. Ini sangat baik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kaltim,” harapnya.
Sementara itu Walikota Samarinda Syaharie Ja’ang mengungkapkan kegiatan Festival Mahakam ke-13 tahun ini merupakan agenda tahunan yang menampilkan seni budaya dan permainan tradisional khas daerah.
“Momen festival ini kita upaya menyuguhkan kekhasan daerah baik senin budaya maupun permainan tradisional yang saat ini sudah mulai pudar. Sehingga festival ini identik dengan upaya pemerintah melestarikan seni budaya dan diharapkan menjadi agenda nasional,” ungkap Syaharie Jaang.
Pembukaan Festival Mahakam kali ini dirangkai dengan pemecahan rekor Muri melalui Aksi 3.000 Ibu Hebat dan Lomba Masak 500 pejabat di lingkungan Pemkot Samarinda di halaman Masjid Islamic Center Samarinda disaksikan ribuan masyarakat Samarinda dan sekitarnya. (yans/hmsprov).

///FOTO : Tari Hudoq menjadi salah satu kegiatan meramaikan Festival Mahakam.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation