Kabupaten/Kota Komit Dimbau Laksanakan 3R

Wujudkan Kaltim Bebas Sampah 2020

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim mengimbau agar seluruh kabupaten/kota se Kaltim berkomitmen laksanakan 3R dalam penanganan sampah, yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (daur ulang) dengan tujuan mewujudkan Kaltim bebas sampah 2020 yang juga merupakan komitmen pemerintah kabupaten/kota se Kalimantan.          Komitmen ini diharapkan bukan hanya dilaksanakan pemerintah kabupaten/kota saja, tetapi dapat diikuti dunia usaha dan masyarakat di daerah ini. Caranya, yaitu dengan melaksanakan 3R dalam pengelolaan sampah.

“Prinsip 3R ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menyongsong kebijakan baru pengelolaan sampah kota. Dimana sampah kota harus dikurangi mulai dari sumbernya, sampah harus diolah untuk dimanfaatkan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 18/2008 tentang Pengelolaan Sampah,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim H Riza Indra Riadi, di Samarinda, Rabu (8/10).

Menyukseskan komitmen tersebut, pemerintah kabupaten/kota se Kaltim dapat melaksanakan berbagai kegiatan yang dapat menyadarkan masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik. Misalnya, dengan seminar tentang 3R dan sosialisasi tentang pengelolaan sampah ramah lingkungan.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dalam pengelolaan sampah. Membentuk karakter warga yang peduli dan berbudaya lingkungan. Merubah pola pikir dan sudut pandang masyarakat akan penting pengelolaan sampah melalui program 3R. Membangun komitmen bersama untuk mewujudkan kota dan kabupaten yang bersih sampah sehingga nyaman dan layak untuk dihuni.

“Sasaran prioritas pelaksanaan tiga prinsip tersebut adalah masyarakat pelaku usaha/industri, perwakilan masyarakat peduli lingkungan/sampah, TNI, Polri, LSM, guru dan pelajar. Melalui pelaksanaan tersebut, diharapkan seluruh daerah dapat mewujudkan Kaltim bebas sampah 2020,” jelasnya. (jay/es/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation