Kabupaten/Kota Tingkatkan Pengelolaan Akurasi Data

Kabupaten/Kota Tingkatkan Pengelolaan Akurasi Data

SAMARINDA – Ketersediaan data yang akurat  terkait data populasi, pemotongan, produksi dan konsumsi daging adalah hal penting guna mengukur kemampuan domestik dalam menyediakan daging sapi dan kerbau bagi masyarakat.

Karenanya, Kepala Dinas Peternakan (Disnak) kaltim H Dadang Sudarya mengharapkan agar kabupaten dan kota di Kaltim dan Kaltara melalui isntansi teknis yang menangani bvidang peternakan melakukan pengelolaan dan informasi data secara akurat.

“Ketersediaan data yang akurat sangat penting dalam mendukung proses perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi berbagai kegiatan guna tercapainya program swasembada daging sapi,” kata Dadang Sudarya pada Pertemuan Validasi dan Verifikasi Data Peternakan 2014 di Ruang Rapat Disnak Kaltim, Rabu (12/3).

  Diakui, proses penyampaian dan pengumpulan data di tingkat lapang dihadapkan pada permasalahan sumber daya manusia (SDM) tenaga petugas baik kompetensi petugas maupun seringnya terjadi mutasi petugas pengumpul serta pengolah data.

Namun demikian lanjutnya,  pihak Disnak beserta jajaran  yang membidangi kegiatan peternakan di kabupaten dan kota terus meningkatkan komitmen untuk membangun sistem pendataan yang lebih baik mengingat data adalah cermin dan kontrol pembangunan.

Saat ini, Disnak bersama instansi terkait di tingkat kabupaten dan kota terus berupaya mendorong pelaksanaan pelaporan melalui SMS (short message service/layanan pesan singkat) Gateway melalui telepon seluler yang dilakukan pengelola rumah potong hewan maupun petani ternak.

Dijelaskan, pola pelayanan  ini dilakukan guna mengetahui jumlah populasi diitngkat petani maupun pengumpul ternak di daerah, terutama terkait tingkat produksi serta produktivitas ternak Kaltim.

“Perlu upaya perbaikan data terkait data pelaporan terhadap kegiatan pemotongan, pemasukan dan pengelkuaran ternak. Data sangat vital disaat kita berupaya untuk meningkatkan kontribusi lokal dalam penyediaan ternak dan hasil peternakan bagi memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Dadang Sudarya.

Pertemuan Validasi dan Verifikasi Data Peternakan 2014 dilaksanakan selama tiga hari sejak 12-14 Maret diikuti 40 peserta dari dinas peternakan/dinas yang membidangi fungsi peternakan kabupaten dan kota se-Kaltim dan Kaltara dengan nara sumber Kepala Subbag Data dan Informasi Sekditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Diner Saragih.(yans/hmsprov)

//Foto: Dadang Sudarya (tengah) dengan Kasubbag Data dan Informasi Diner Saragih (kanan) pada pertemuan Verifikasi dan Validasi Data Peternakan Kaltim 2014.(masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation