Kader PKK Optimalkan Kelompok Dasawisma

Kader PKK Optimalkan Kelompok Dasawisma

SAMARINDA–Optimalisasi kinerja anggota dan kader Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) hingga ke tingkat desa diharapkan mampu mengoptimalkan kelompok dasawisma di level paling bawah.

Selain itu, kata Ketua TP-PKK Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek, setiap anggota dan kader PKK harus menyampaikan laporan secara berjenjang dan tepat waktu.

“Dari laporan itu akan terlihat kinerja dan capaian program pengembangan program dasawisma,” ujarnya.

Dalam pelatihan orientasi penguatan kelembagaan dan administrasi sistem informasi manajemen (SIM) PKK tersebut, Amelia Faroek kembali mengingatkan bahwa PKK merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah.

“Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga guna meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri memiliki kesadaran hukum dan lingkungan,” jelas Suharni Faroek.

Selian itu, PKK sebagai mitra pemerintah daerah terus meningkatkan kerjasama dan koordinasi guna membangun sinergitas daalm menyukseskan berbagai program-program pembangunan daerah.

“Tidak dapat dipungkiri, PKK selaku mitra pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk mendukung sekaligus terlibat langsung dalam menyukseskan program pembangunan yang telah dilaksanakan guna mewujudkan kemajuan daerah dan  kesejahteraan rakyat,” ungkap Suharni.

Ditambahkan pula mengacu pada hasil rapat konsultasi nasional PKK lalu telah disepakati pergantian anggota yang telah habis masa jabatannya hanya sekitar 50 persen. “Kedepan tidak ada lagi pergantian anggota secara keseluruhan,” harap Suharni. 

Sementara itu Ketua Panitia pelatihan Hj Farida Syafruddin menyebutkan pelatihan diikuti 70 peserta dari 10 kabupaten dan kota se-Kaltim. “Daerah mengirimkan tujuh orang perwakilan terdiri Sekretaris TP PKK Kabupaten dan Kota, Kecamatan dan Kelurahan/Desa,” ujar Farida.

Pelatihan orientasi penguatan kelembagaan dan administrasi sistem informasi manajemen (SIM) PKK dilaksanakan selama tiga hari sejak 29 September - 1 Oktober dengan narasumber dari TP-PKK Pusat. (yans/sul/hmsprov)

Foto : Hj E Amelia Suharni Faroek

Berita Terkait
Government Public Relation