Kalimantan Timur
Kades dan Lurah Dilatih Kelola Dana

HM Jauhar Efendi.

SAMARINDA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim memastikan siap memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan pengelolaaan dana desa dan dana kelurahan yang diselenggarakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim.

 

“Secara prinsip kita menyambut baik, karena memang kepala desa dan lurah perlu terus ditingkatkan kapasitasnya menyesuaikan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan kedepan yang semakin berkembang,” kata Plt  Asisten Pemerintahan dan Kedua Setprov Kaltim yang juga Kepala DPMPD Kaltim Dr HM Jauhar Efendi, di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (6/7).


Menurut Jauhar hal tersebut sejalan dengan program DPMPD dalam kaitan peningkatan kapasitas kepala desa dan lurah. Terlebih kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas yang sudah hampir dilaksanakan DPMPD terpaksa dibatalkan karena edaran pelarangan acara melibatkan orang banyak.

Karenanya dia akan menugaskan bidang terkait untuk membantu fasilitasi komunikasi dan koordinasi dengan kabupaten/kota, khususnya desa dan kelurahan target peserta pelatihan.

 

"Semoga BPSDM memiliki petunjuk teknis pelaksanaan pelatihan mendatang agar pelaksanaannya tertib," jelasnya sembari menambahkan bahwa pelatihan diagendakan akan dilaksanakan pada Agustus atau September 2020.  


Sementara Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis BPSDM Kaltim Buyung Dodi Gunawan ditemui menyebut pelaksanaan pelatihan pengelolaan dana desa dan dan kelurahan membahas mulai dari perencanaan, penatausahaan, hingga proses pengadaan barang dan jasa pemerintahan. (jay/ri/humasKaltim)

Berita Terkait