Kagumi Pembinaan Pemerintahan Desa dan Lembaga Adat

Pemprov Sumbar Kunjungi Kaltim

 

SAMARINDA - Setelah mendapat kunjungan dari DPRD Kabupaten Aceh Tamiang untuk belajar aturan penggunaan jalan khusus angkutan tambang, perkebunan dan kehutanan beberapa hari lalu, Kamis (12/6) kemarin,  Kaltim kembali mendapat kunjungan dari jajaran Pemprov Sumatera Barat (Sumbar).

Kunjungan rombongan Biro Pemerintahan Pemprov Sumbar itu dimaksudkan untuk  mengetahui lebih dekat perkembangan dan kemajuan serta pembinaan pemerintahan desa dan peran lembaga adat di Kaltim.

"Pada intinya, pertemuan ini adalah untuk saling memberi informasi. Apa saja yang dilakukan Kaltim dan apa saja yang sudah diterapkan di Sumbar.  Soal lembaga adat, sesungguhnya Sumbar juga sangat bagus," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim Moh Jauhar Effendi saat menerima rombongan Pemprov Sumbar di Ruang Rapat Tepian I, Kamis (12/6).  

Jauhar menyatakan bangga karena Pemprov Kaltim  mendapat kehormatan sebagai tempat kunjungan studi banding terkait kemajuan pembangunan desa tersebut.

Sementara itu Kabag Pemerintahan Nagari dan Kelurahan Biro Pemerintahan Sumbar,  Marliosni mengatakan, maksud dan tujuan kunjungan kerja ini sebagai media pembelajaran, sarana bertukar pikiran, pengembangan gagasan dan ide untuk dapat mewujudkan proses Undang Undang Desa dengan menyesuaikan kondisi daerah.

Marliosni menilai kondisi masyarakat Kaltim yang multi etnis, masing-masing mampu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan.  Saat ini diakuinya, masyarakat Sumbar juga banyak merantau ke Kaltim. Dia sangat bersyukur karena masyarakat Sumbar mampu membaur untuk bersama-sama membangun Kaltim.

"Kami berharap  pertemuan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, khususnya dalam pengembangan pembangunan perdesaan," ujarnya.

Hasil kunjungan ke Kaltim ini lanjut Marliosni akan menjadi perbandingan untuk dipelajari di Sumbar. Setelah pertemuan di Kantor Gubernur, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Dusun Putak, Desa Loa  Duri  Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara untuk berdialog dengan masyarakat di desa tersebut. (sar/sul/es/adv).

///FOTO : Jajaran Pemprov Kaltim dan Sumbar berfose bersama di Kantor Gubernur usai melakukan pertemuan.(norjaya/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation