Kalimantan Harus Siap Hadapi Era Pasar Bebas

Kalimantan Harus Siap Hadapi Era Pasar Bebas

BALIKPAPAN-Menyongsong era persaingan pasar bebas ASEAN Economic Community 2015, setiap provinsi di Kalimantan hendaknya perlu segera menyiapkan pengembangan industri unggulan masing-masing.  

Pengembangan industri unggulan ini harus dipercepat dengan dukungan pembangunan infrastruktur yang berkualitas, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Itu adalah faktor kunci keberhasilan Kalimantan dalam memenangkan persaingan di level regional, nasional dan dunia,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai membuka Konsultasi Regional (Konreg) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) se-Kalimantan di Balikpapan, Senin malam (16/6). 

Kaltim sendiri tengah serius membangun peningkatan daya saing daerah. Apalagi, Kaltim juga memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) nasional dibandingkan 33 provinsi yang lain di Indonesia, dimana pada 2013 mencapai 8,67 persen.

Dengan melihat posisi geostrategis Kalimantan serta potensi SDA yang dimiliki, maka Kalimantan harus mampu membangun daya saing ekonomi dengan memfokuskan pada pembangunan daya saing berbasis keunggulan komparatif dan kompetitif melalui transpormasi ekonomi dari ekonomi yang tidak terbarukan menjadi ekonomi berbasis sumber daya terbarukan. 

“Dalam proses pembangunan jangka panjang,  didukung struktur ekonomi yang berbasis inovasi tentu akan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di wilayah ini,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

 

////FOTO :   Gubernur Awang Faroek Ishak memberi sambutan pada pembukaan Konsultasi Regional (Konreg) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) se-Kalimantan di Balikpapan. (jaya/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation