Kalimantan Timur
Kalimantan Timur Siap PPKM Mikro

Foto: yuvita/humaskaltim

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri Video Conference Rapat Koordinasi Pembahasan Perkembangan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Kamis, 4 Maret 2021.

 

Hadir Sekretaris Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak, serta pimpinan OPD terkait di lingkup Pemprov Kaltim.

 

Rakor dipimpin Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, diikuti Menteri Kesehatan, Menteri Perindustrian, Menteri Dalam Negeri, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional, Panglima TNI, Kapolri, serta Menteri Desa. Pernbangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

 

Selain Kalimantan Timur, Rakor diikuti pemerintah daerah lain terdiri Provinsi Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Dl Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara,  dan Sulawesi Selatan.

 

Dalam arahannya, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan setelah tujuh provinsi lainnya diberlakukan gerakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

 

"Maka, Pemerintah kembali menambahkan tiga daerah untuk pemberlakuan PPKM. Yakni, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara," kata Airlangga.

 

Atas penunjukkan pemberlakuan PPKM di Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi menyatakan kesiapan Benua Etam untuk menerapkannya di sepuluh kabupaten dan kota.

 

Disebutkannya, sepuluh kabupaten dan kota di Kaltim, terdapat sembilan daerah yang masuk zona merah (tanpa Kabupaten Mahakam Ulu). Dan tiga daerah secara spontanitas menjalankan PPKM Mikro.

 

"Kami, sebelum ada perintah untuk diberlakukan PPKM Mikro ini. Sudah ada tiga daerah yang melaksanakannya, yakni Bontang, Balikpapan dan Kutai Kartanegara sejak dua minggu lalu," ujar Hadi Mulyadi.

 

Selanjutnya, Wagub meyakinkan pemerintah pusat bahwa segera melakukan rapat koordinasi dengan kabupaten dan kota atas penunjukkan Kaltim melaksanakan PPKM Mikro.

 

"Insyaa Allah Pak Menteri, kami segera rapat dan berkoordinasi dengan kabupaten dan kota," pungkasnya.(yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation