Kaltara Juga Masuk Program MP3EI

TANJUNG SELOR -Meski tidak lagi menjadi bagian kewilayahan dari Provinsi Kaltim, Kaltara tetap memiliki harus melaksanakan program pembangunan ekonomi nasional, yakni Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Program-program ini juga ada  Kaltara.
“Di sini ada proyek-proyek nasional yang juga menjadi tanggungjawab Pemprov Kaltara untuk mendukungnya, yakni MP3EI. Khususnya pembangunan pembangkit listrik tenaga air yang kini dalam proses di Bulungan dan Malinau,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat syukuran Provinsi Kaltara di Lapangan Agatis Bulungan, Selasa (7/5).
Pembangunan tersebut, sambung dia, sudah ada persetujuan dari Menteri Perekonomian dan itu merupakan prioritas program MP3EI. Awang berharap, Bupati Bulungan dan Malinau dapat mendukung proses pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 1.400 megawatt tersebut.
“Karena itu, saya dengan Pj Gubernur Kaltara akan meyakinkan PLN untuk membuat great baru di Kaltara. Artinya ada sistem baru di daerah ini, sehingga kebutuhan listrik di wilayah utara dapat terwujud. Bahkan saya mendukung seribu persen agar Kaltara membangun sistem listrik sendiri,” harapnya.
Tidak percuma Kalimantan dinyatakan sebagai provinsi lumbung energi, yakni dengan kekayaan alam, baik batu bara, gas dan potensi air. Semua itu harus bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi Kaltara.
Ke depan rakyat Kaltara akan sama dengan Kaltim, yakni mampu meraih kesejahteraan. Seluruh masyarakat Kaltara harus menikmati listrik. “Harapan saya kebutuhan dasar masyarakat Kaltara dapat terpenuhi, sehingga kesejahteraan itu betul-betul terwujud,” harapnya.(jay/hmsprov).
 

Berita Terkait