Kalimantan Timur
Kaltim Dapat Tambahan Tim Nusantara Sehat

SAMARINDA - Kaltim mendapat tambahan Tim Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan. Tambahan satu tim ini akan memperkuat tiga Tim Nusantara Sehat yang sebelumnya ditempatkan di Puskesmas Long Pahangai, Long Apari  (Mahulu) dan Pulau Maratua (Berau). Secara keseluruhan Tim Nusantara Sehat di Kaltim kini berjumlah empat tim. 

Alokasi untuk Kaltim sesungguhnya dua tim. Yakni untuk Puskesmas di Pulau Derawan dan Puskesmas di Desa Kelay, Kabupaten Berau. Namun karena tempat tinggal untuk anggota tim belum tersedia dan persyaratan lain juga belum dilengkapi,  maka Kaltim hanya mendapatkan 1 tambahan tim yang akan ditempatkan di Pulau Derawan.

"Walaupun hanya mendapat tambahan satu tim,  kita tidak kecewa. Justru kita bersyukur, karena penambahan tim ini akan menambah pelayananan kesehatan masyarakat di Pulau Derawan, seperti penempatan tiga tim sebelumnya," jelas  Kepala Dinas Kesehatan Kaltim dr Rini Retno Sukesi usai mengikuti rapat staf  yang dipimpin Gubenur Kaltim H Awang Faroek Ishak, di ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamsi (26/5). 

Ditambahkan, keberdaan Tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Puskesmas Kecamatan Pahangai,  Long Apari serta Pulau Maratua telah  memberikan kontribusi dalam peningkatan  derajat kesehatan masyarakat di perbatasan dan pulau terluar di Kaltim.

Tim Nusantara Sehat yang ditempatkan di Puskesmas Long Pahangai, Long Apari dan Pulau Maratua hingga saat ini telah   memberikan pelayanan sesuai tugas dan fungsinya dengan baik pula, khususnya  dalam menyosialisasikan kepada seluruh masyarakat perbatasan akan pentingnya melaksanakan pola hidup sehat.

"Karena mereka tim dari berbagai disiplin ilmu, tentu mereka telah berbuat sesuatu untuk bekerja maksimal dalam mengatasi  permasalahan  kesehatan di daerah perbatasan menjadi lebih baik," kata Rini Retno.

Tim Nusantara Sehat  dengan berbagai program kesehatan yang telah dilaksanakan  di daerah telah  membantu  pemerintah  provinsi dan kabupaten dalam  peningkatan pelayanan kesehatan secara preventif, promotif dan kuratif dengan melibatkan 5 sampai 9 tenaga kesehatan (dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian) yang akan ditempatkan di pelosok nusantara termasuk di Kaltim.

"Tim Nusantara Sehat  telah memberikan pelayanan kesehatan primer di titik-titik terdepan di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan. Program ini merupakan aplikasi dari program Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu membangun dari pinggiran, khusunya  untuk masyarakat Kaltim  baik  yang berada wilayah  perbatasan maupun masyarakat yang berada di pulau terluar," kata Rini. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Tak Cukup Berdoa
Tak Cukup Berdoa

05 Februari 2021 Jam 00:06:22
Kesehatan