Kaltim 2015 Target LAKIP A Plus


 

SAMARINDA – Inovasi yang dilakukan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim diharapkan mampu meningkatkan penilaian kinerja pemerintah daerah dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada launching (peluncuran) e-Samsat di Pendopo Lamin Etam, Selasa (20/12).

Menurut Gubernur,  sejak 2010 hingga 2015 Kaltim telah meraih predikat B plus untuk laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) dari Kemenpan RB.

“Kami terakhir memperoleh B plus dari Menpan RB. Melalui inovasi ini (e-Samsat) semoga Kaltim  naik peringkat A,” kata Awang di hadapan Asdep Pelayanan Publik Kemenpan dan RB Jeffrey Erlan Muller, belum lama ini.

Jika bisa diwujudkan, Kaltim akan membuktikan diri sebagai provinsi pertama di Indonesia yang mampu memperoleh predikat A dalam laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan.

Lebih lanjut Awang menjelaskan seluruh SKPD di lingkup Pemprov Kaltim telah melaksanakan berbagai program dan kebijakan yang mengarah pada reformasi birokrasi.

Instansi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat utamanya terkait pelayanan publik  wajib memberikan pelayanan yang mudah, murah dan cepat tanpa birokrasi yang rumit.

Gubernur menegaskan jajaran Pemprov Kaltim terus melakukan upaya-upaya perbaikan pelayanan publik terutama memangkas birokrasi yang berbelit agar memudahkan masyarakat.

“e-Samsat sangat baik, selain untuk optimalisasi pendapatan daerah dari sektor pajak, juga memudahkan masyarakat selaku wajib pajak dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor termasuk mengurus balik nama,” ungkap Awang Faroek Ishak.

Dia menambahkan peningkatan SDM aparatur pun telah dilakukan guna terwujudnya pemerintahan yang berkinerja baik dan akuntabel. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation