Kaltim akan Gelar Gowes Tingkat Nasional

Gubernur Awang Faroek Ishak saat melepas peserta gowes WBC, Minggu pagi lalu. (DOK/HUMASPROV)

 

SAMARINDA - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-73 tahun 2018 mendatang, Pemprov Kaltim berencana menyelenggarakan gowes sepeda tingkat nasional dengan hadiah yang fantastis mencapai Rp 100 juta bagi pemenang gowes. Penegasan itu diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  saat melepas ribuan peserta gowes Wana Bike Communitas (WBC) Anniversary 6Th yang dilaksanakan di halaman GOR Segiri Samarinda, Minggu (4/3) lalu.

 

Dikatakan Pemprov Kaltim akan menyediakan piala dan hadiah sebesar Rp 100 juta untuk kegiatan gowes dengan rute  dari Balikpapan-Samarinda sampai ke Bontang. Namun pelaksanaannya tidak seperti balap sepeda Tour de Singkarak 2017  di Sumatera Barat yang mengutamakan kecepatan, karena sepeda yang digunakan adalah sepeda gunung dan sejenisnya seperti sepeda road bike. "Peserta gowes  start  dari Balikpapan kemudian sampai  Km 13 Balikpapan sambil menyusuri jalan tol yang sudah selesai dibangun serta melewati beberapa pos yang disediakan panitia sampai ke Samarinda," ujarnya.

 

Kemudian dari Samarinda dilanjutkan menuju Kota Bontang melalui Jembatan Achmad Amins (Mahkota II). Terkait rutenya itu nanti panitia penyelenggara yang menentukan sampai ke Bontang. Kegiatan gowes ini bukan adu cepat. Peserta gowes terdiri 5 sampai 10 orang satu klub. Bisa menjawab kuesioner dengan kode-kode tertentu yang harus dicari. Oleh sebab itu peserta gowes harus cerdas dan cerdik dalam menjawab semua pertanyaan yang ada di kuesioner. "Disamping kekompakan dan keutuhan grup, peserta gowes juga bisa menjawab semua pertanyaan yang ada di kuesioner dengan tepat. Nanti panitia membuatkan daftar sebagai syarat yang  harus diikuti peserta, " ujarnya.

 

Terkait rencana gowes tersebut, gubernur meminta segera dibentuk panitia dengan melibatkan semua pemangku kepentingan kerja sama antara pemerintah daerah dan TNI/Polri.  Hadiah Rp 100 juta bagi peraih Piala Awang Faroek Cup ini. "Kami harapkan panitia bisa mengundang seluruh komunitas gowes di seluruh Indonesia. Hal ini sebagai bukti komitmen kita dalam memajukan dan menggaungkan terus olahraga sepeda, sekaligus memperkenalkan potensi wisata Kaltim melalui gowes tingkat nasional," tutup Awang. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation