Kaltim Akan Meniru China


Pemenuhan Infarstruktur Daerah

 

SAMARINDA Kaltim akan meniru konsep pembangunan Negara China yang dinilai maju dengan pesat. Salah satu kunci keberhasilan China adalah pembangunan infrastraktur jalan yang sangat baik. Jalan tol  salah satunya.  

“Saya sudah bertekad, kalau kita ingin maju, maka kita harus bisa meniru Negara China. Negara tersebut maju dan cepat perkembangan pembangunannya, karena yang  mereka lakukan pertama kali adalah membangun jalan tol di mana-mana. Bahkan, sudah 8.000 kilometer yang yang telah dibangun,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, baru-baru ini di Samarinda.

Selain jalan tol, negara ini juga membangun listrik, pelabuhan laut dan bandara. Dengan pembangunan tersebut, China melesat sangat kencang dalam pembangunannya.

“Karena itu, dalam waktu dekat Pemprov Kaltim akan menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk lima tahun ke depan. Bahkan dalam bulan ini, Pemprov Kaltim akan mengundang seluruh pihak terkait untuk membahas bagaimana Kaltim Tahun 2030. Kalau Perdana Menteri Malaysia punya 2025, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak punya Kaltim 2030,” tegas Awang. 

Pembangunan tersebut, sambung dia, jangan dipikirkan bermanfaat sekarang. Namun, bisa dibayangkan, bagaimana perkembangan pembangunan di setiap daerah pada 2030.

Karena itu, Pemprov membuka kesempatan bagi para insvestor untuk menanamkan modalnya dan membuka usaha di daerah ini. Bahkan, saat ini banyak investor Jakarta membangun rumah di Kaltim, baik di Samarinda maupun di Balikpapan.

“Dengan tekad dan semangat yang tinggi dalam membangun daerah, mari bersama-sama membangun Kaltim untuk semua, sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terwujud, ekonomi masyarakat meningkat, kualitas sumber daya manusia di daerah juga semakin baik,” jelasnya. (jay/hmsprov)

Foto : H Awang Faroek Ishak

Berita Terkait
Government Public Relation