Kaltim, Bali dan Yogyakarta Kerja Sama Promosi Wisata

Awang Faroek Ishak

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  menegaskan pada acara Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2018 di Bandung beberapa pekan lalu, Pemprov Kaltim telah melakukan kerjsama dengan Pemprov Bali dan Yogyakarta dalam promosi pengembangan potensi wisata masing-masing daerah.

 

Pemprov Kaltim  telah menandatangani kerjasama promosi bersama potensi wisata antara Provinsi Bali, dan Yogyakarta. Bentuk kerjasamanya, jika Bali dan Yogyakarta mempromosikan beberapa  potensi wisata di daerahnya, maka potensi wisata di Kaltim juga ikut dipromosikan. Demikian sebaliknya," kata Awang Faroek Ishak. 

 

Menurut Awang kerjasama promosi ini merupakan aksi nyata dalam upaya memajukan dunia pariwisata Kaltim. Bukan hanya kerja sama dengan provinsi lain, sinergi juga dilakukan semua pemangku kepentingan termasuk PT Angkasa Pura I dalam pengelolaan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (Bandara SAMS) di Sepinggan, Balikpapan. "Sinergitas instansi dan lembaga yang membidangi kepariwisataan beserta unsur pemangku kepentingan terkait sangat dibutuhkan dalam upay mengembangkan sektor pariwisata kita," kata Awang.

 

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan,  diharapkan kunjungan wisatawan baik  wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara semakin meningkat di Kaltim. "Selain promosi, yang perlu dilakukan adalah pembenahan infrastruktur obyek wisata yang ada di Kaltim, sehingga dengan demikian akan menambah daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kaltim, sehingga jumlah pengunjung wisatawan setiap tahun terus bertambah," kata Awang Faroek.

 

Ditambahkan,  Provinsi  Kaltim  yang terdiri 10 kabupaten/kota  memiliki potensi wisata baik kebudayan tradisional, wisata alam (adventure)  yang sangat indah menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak dipungkiri pengembangan objek-objek wisata di Kaltim semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait