Kaltim Bangun Education Center Terlengkap

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melakukan Ground Breaking pembangunan Education Center yang terletak di Jalan PM Noor Samarinda, Jumat (19/7).  Gubernur berharap, Education Center ini kelak akan menjadi pusat pembelajaran terlengkap di Kaltim.
”Mulai pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga perguruan tinggi, karena pendidikan usia dini sangat pondamental, tidak terkecuali pendidikan agama. Karena itu, pusat pendidikan tersebut akan dilengkapi fasilitas berstandar internasional, mulai gedung perpustakaan, laboratorium, hingga workshop serta akan dilengkapi tempat wisata bagi anak-anak,” kata Gubernur.
Menurut Gubenur, dengan adanya pusat pendidikan ini, diharapkan sekolah-sekolah tidak perlu lagi melakukan studi banding ke luar daerah, cukup datang ke Education Center.    
Dia menegaskan, semua rakyat Kaltim berhak menerima pendidikan. Pemprov Kaltim tidak pernah membeda-bedakan siapa yang akan menikmati pendidikan. Termasuk tidak pernah membeda-bedakan suku bangsa, agama pandangan politik seseorang.  
“Pendidikan harus diberikan secara merata untuk seluruh rakyat Kaltim. Karena itu, siapa saja warga Kaltim, baik yang tinggal di perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil, semuanya berhak mendapatkan pendidikan yang layak,” jelasnya.
Gubernur menambahkan, dia  tidak akan setengah-setengah untuk membangun pendidikan. Artinya, jika anak-anak di Pulau Jawa bisa mendapatkan pendidikan yang tinggi, maka anak-anak di Kaltim juga harus bisa.   
Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Hj Dayang Budiati didampingi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Education Center Idhamsyah berharap pembangunan Education Center yang memiliki luas lahan lima hektar dapat menjadi solusi kekuranglengkapan fasilitas sekolah di Kaltim.
“Dengan adanya Education Center ini diharapkan seluruh sekolah maupun perguruan tinggi akan dapat memanfaatkan fasilitas yang tersedia,” jelasnya.  Pembangunan Education Center diperkirakan selesai pada 2015. Akhir Desember diharapkan pekerjaan tahap pertama sudah bisa diselesaikan. Dan 2014 bisa dioperasikan. Adapun pembangunan tahap pertama meliputi ballroom, kantor pengelola, workshop, power house dan infrastruktur jalan yang menjadi akses menuju seluruh lokasi fasilitas yang dimiliki.
Selanjutnya, tahun depan pembangunan akan dilakukan untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, antara lain asrama, poliklinik, kantin, masjid, sarana belajar ruang terbuka, sarana permainan edukasi.
“Untuk tahap pertama ini anggaran yang akan digunakan mencapai Rp79miliar. Sementara total anggaran untuk pembangunan secara menyeluruh diperkirakan mencapai Rp300 miliar,” jelasnya.
Pelaksanaan kegiatan ini didukung PT Dharma Indocipta, KSO. Sebagai pengawas kegiatan PT Sangkuriang dan perencanaan dilakukan PT Nusantara Citra. Ground Breaking dilakukan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat pemprov Kaltim H Bere Ali, Plh Kadisdik Kaltim Hj Dayang Budiati dan Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Kav Budi Edwar. (jay/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melakukan Ground Breaking Education Center di Jalan PM Noor Samarinda, didampingi Asisten Kesejahteraan Rakyat H Bere Ali, Plh Kadisdik Kaltim Hj Dayang Budiati dan Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Kav Budi Edwar. (jaya/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait