Kaltim Bangun Jaringan Kerjasama ASEAN

SAMARINDA – Dalam upaya meningkatkan daya saing daerah guna menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), maka Kaltim perlu melakukan kerjasama dan membangun jaringan dengan dunia internasional utamanya negara-negara ASEAN.

Menurut Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP, membangun jaringan melalui kerjasama dengan negara-negara ASEAN sangat penting dan memiliki nilai yang sangat strategis terutama agar Kaltim memiliki langkah antisipatif dalam menghadapi persaingan pasar global.

“Kita di Kaltim ini memiliki potensi yang besar di berbagai bidang didukung dengan berbagai keunggulan. Potensi ini perlu terus dikembangkan dengan menjalin kerjasama dan membangun jaringan antar negara di ASEAN,” kata Mukmin Faisyal, pekan lalu.

Pasar bebas lanjut Mukmin, merupakan tantangan besar dan menjadi tanggungjawab semua pihak untuk mampu mengantisipasinya. Sebab, pada era itu berbagai produk termasuk sumberdaya manusia terjadi persaingan.

Misalnya, produk pertanian maupun pangan serta industri akan bebas masuk ke Indonesia termasuk Kaltim. Sebaliknya, produk juga tenaga kerja Indonesia harus mampu merambah ke berbagai negara-negara di ASEAN.

Namun, terpenting dalam persaingan di pasar bebas era ASEAN Economic Community atau MEA itu adalah upaya percepatan peningkatan kualitas produk maupun sumber daya manusia yang harus dilakukan oleh pemangku kepentingan di daerah.

“Komitmen kita sejak awal adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia juga kualitas produk industri dan pertanian maupun pangan, sehingga berdaya saing dan mampu bersaing di era pasar global ternasuk era MEA,” jelas Mukmin.

Selain itu, melalui peningkatan hubungan kerjasama dan membangun jaringan antar negara ASEAN, maka Kaltim mengetahui kemampuan dan kesiapan daerah dalam menghadapi diberlakukannya era MEA.

“Tidak kalah pentingnya kita perlu membangun jaringan dan kerjasama antar negara-negara ASEAN. Yakni, mewujudkan tekad bersama melakukan percepatan peningkatan kualitas SDM dan produk lokal agar berdaya saing,” ungkap Mukmin Faisyal.

Wagub meyakinkan, jika semua potensi daerah, mulai dari SDM, produk pangan dan pertanian hingga industri bisa disiapkan dengan  daya saing yang tinggi, maka Kaltim tidak akan kebanjiran produk dan tenaga kerja luar negeri. (yans/sul/adv)

/// Wagub Mukmin Faisyal (berdiri depan sebelah kiri) bersama delegasi dan walikota se-Indonesia dan negara-negara ASEAN peserta ASEAN Mayors Forum di Makassar.(fadjar/humasprov kaltim) 

 

Berita Terkait
Government Public Relation