Kaltim Bangun Karakter Bangsa Sejak Dini

SAMARINDA -  Sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas pembangunan daerah untuk peningkatan taraf hidup dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kaltim. Karenanya, Pemprov Kaltim sangat mendukung rencana pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia bertaraf internasional di lokasi eks Islamic Center Subulussalam Suryanata Samarinda.

Dukungan dan komitmen pemerintah daerah itu disampaikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak pada groundbreaking Madrasah Bertaraf Internasional di Samarinda, Senin (7/3).

Menurut Gubernur, SDM berkualitas itu adalah orang-orang yang cerdas, pintar dan berakhlak mulia, bermoral serta memiliki integritas tinggi guna membangun daerah dan bangsa.

"Kami memiliki program-program prioritas dalam meningkatkan kualitas SDM agar lebih berdaya saing, berakhlak mulia dan berintegritas tinggi.Karakter ini harus dibangun sejak dini," kata Awang Faroek Ishak.

Apa yang diusahakan Pemprov Kaltim bersama Kementerian Agama menurut dia, sangat sejalan dengan arah pembangunan pendidikan Kaltim dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata.

Pemprov Kaltim lanjutnya, telah berkomitmen membangun pendidikan dengan tidak mengenal perbedaan.Pendidikan konvensional di sekolah umum maupun pendidikan berbasis keagamaan di madrasah sama-sama mendapat perhatian dan dukungan.

"Tidak hanya jenjang pendidikan dasar dan menengah.Perhatian dan dukungan juga diberikan bagi perguruan tinggi umum maupun perguruan tinggi berbasis keagamaan.Bahkan secara rutin Pemprov menyalurkan Beasiswa Kaltim Cemerlang bagi mereka," ungkap Awang Faroek.

Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nur Syam mengemukakan program Gubernur Awang Faroek Ishak sangat sesuai dengan program Ditjen Pendidikan Islam untuk mengembangkan madrasah insan cendekia bertaraf internasional.

"Kaltim bisa menjadi contoh yang sangat bagus dalam pengembangan MAN Insan Cendekia di Indonesia.Sebab, kedepan setiap daerah harus membangun madrasah bertaraf internasional tersebut.Pemerintah sangat mengapresiasi usaha Gubernur Awang Faroek ini," ujar Nur Syam. (yans/sul/hmsprov)

Berita Terkait