Kaltim Bangun RS Pratama dan Kembangkan Puskemas Plus

Tingkatkan Derajat dan Mutu Kesehatan Masyarakat

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi telah berkomitmen untuk terus meningkatkan derajat dan mutu kesehatan masyarakat yang merata dan berkeadilan diseluruh wilayah ini.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan salah satu program prioritas pembangunan di bidang kesehatan untuk 2014 adalah pembangunan rumah sakit pratama dan pengembangan Puskesmas Plus di sejumlah wilayah perbatasan, terpencil dan pedalaman di Kaltim.

“Kita ingin terus mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jadi dimanapun berada, baik di kota mau di pedesaan akan mendapatkan standar pelayanan kesehatan yang sama,” kata Awang Faroek, pekan lalu di Samarinda.

Rumah sakit pratama, menurut dia, nantinya memiliki standar sama di seluruh Indonesia. Jadi jika pembangunannya ditetapkan di kawasan perbatasan di Krayan, maka pelayanannya akan sama dengan rumah sakit daerah di kabupaten/kota.

Rumah sakit pratama ini, lanjut dia, akan menjadi rujukan dari Puskesmas yang ada diwilayah itu, kecuali memang tidak sanggup maka akan dirujuk ke rumah sakit kabupaten atau selanjutnya ke RSUD milik Pemprov Kaltim di wilayah sekitarnya.

Selain itu, untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, Pemprov juga sedang mengembangkan pelayanan di rumah sakit daerah dan Puskesmas Plus diberbagai daerah untuk dibantu dengan dokter spesialis.

“Ada program dokter terbang yang sewaktu-waktu bisa dipanggil untuk datang ke daerah yang memiliki Puskesmas Plus. Saya berharap teman-teman dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bisa membantu. Karena hal-hal seperti ini tergantung panggilan dan niat baik dari dokter-dokter spesialis yang ada. Mereka tidak bisa diinstruksikan seperti tentara, jadi harus benar-benar dari panggilan hati,” urainya.

Hal penting yang harus dilengkapi di Puskesmas Plus adalah memiliki standar pelayanan umum dengan menyediakan empat spesialis dasar, yakni anak, kebidanan, penyakit dalam, dan bedah.

Guna mewujudkan itu, Pemprov maupun kabupaten/kota akan terus memfasilitasi pemeliharaan dan upaya peningkatan kesehatan yang bermutu, terjangkau dan berkeadilan untuk masyarakat. (her/sul/es/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak membesuk salah satu pasien di Rumah Sakit Pupuk Kaltim Siaga Ramania di Samarinda. Pemprov terus berusaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sebagai salah satu program unggulan daerah.(fajar/humasprov kaltim)

Berita Terkait
RSUD AW Sjahranie SKPD Terbaik 2012
RSUD AW Sjahranie SKPD Terbaik 2012

19 Januari 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan

Pasien Bisa Manfaatkan Maksimal
Pasien Bisa Manfaatkan Maksimal

23 Januari 2015 Jam 00:00:00
Kesehatan

PLKB/PPKBD Harus Persiapkan DIS
PLKB/PPKBD Harus Persiapkan DIS

14 Maret 2014 Jam 00:00:00
Kesehatan