Kalimantan Timur
Kaltim Bergerak Kurangi Sampah dengan 3R

Kepala DLH Kaltim H EA Rafiddin Rizal bersama narasumber dan peserta bimtek. Bergerak bersama kurangi sampah. ,(M NORJAYA/HUMASPROV KALTIM)

SAMARINDA - Pemprov Kaltim melalui Dinas Lingkungan  Hidup (DLH) Kaltim tak henti-hentinya bergerak untuk mengajak seluruh masyarakat mengurangi sampah di lingkungan masing-masing. Mendukung gerakan atau program tersebut, DLH Kaltim melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengurangan Sampah melalui 3R (Reduce, Reuse dan Recycle). Untuk lebih meningkatkan kinerja Bank Sampah di kabupaten/kota, maka bimtek ini digelar.

 

"Semua ini tidak lain dalam rangka meningkatkan peran  serta masyarakat dalam mencapai target Jakstrada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam pengurangan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga melalui peran serta Bank Sampah," sebut Kepala DLH Kaltim H EA Rafiddin Rizal di Hotel Mercure Samarinda, Senin (21/6).

 

Melalui bimtek ini juga dikampanyekan Salam 5M Rindu Bank Ramli. Dengan melibatkan perwakilan dari bagian umum dan cleaning service (CS) yang menangani pemilahan  sampah dua jenis yaitu sampah plastik dan sampah kertas di lingkungan unit kerja.

 

Menurut Rizal sapaan akrab EA Rafiddin Rizal, pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan  penanganan sampah. 

 

Pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir, agar memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan serta dapat mengubah perilaku masyarakat.

 

"Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan para pemangku kepentingan, khususnya  di tingkat lokal. Sehingga masyarakat berdaya dalam mengatur dan mengelola lingkungan tempat mereka dengan lebih baik. Salah satunya dengan menerapkan 3R," jelasnya.

 

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Noor Utami menambahkan bimtek dihadiri sejumlah perwakilan perangkat daerah di lingkup Pemprov Kaltim, beberapa instansi vertikal, perwakilan peserta lomba Kampung Salai dari 10 Kecamatan di Kota Samarinda, serta  Forum Komunikasi Bank Sampah (Forkom BS) se-Kaltim,  dan Dinas Lingkungan Hidup Kaltim.

 

"Bimtek terlaksana berkat kerja sama Forkom BS dengan  DLH Kaltim. Keberadaan forum komunikasi ini akan  bersinergi untuk meningkatkan kinerja pengelolaan sampah di provinsi," jelasnya. Bimtek menghadirkan beberapa narasumber penggiat lingkungan, yaitu Iwan Harwidian,  Sri Ismudiati, M Alfiansyah dan Aslan Nugraha.(jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait