Kaltim Berharap dengan Pemuda Tangguh Sebagai Penggerak Pembangunan

Kaltim Berharap dengan Pemuda Tangguh Sebagai Penggerak Pembangunan

 

SAMARINDA – Kalimantan Timur berharap dengan pemuda Indonesia yang berahlak mulia, sehat,  tangguh,  cerdas dan mandiri serta profesional yang berperan sebagai penggerak pembangunan di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltim, Dr H Awak Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten Administarsi Umum Setprov Kaltim Meiliana saat membuka Training for Trainer yang diselenggarakan Korps HMI-Wati (Kohati) Badan Koordinasi (Badko) HMI Kaltim-Kaltara, di Aula Badan Kesbangpol Kaltim, Senin malam (2/3). 

"Mereka dapat berperan maksimal sebagai penggerak, pelopor dan pemimpin sesuai dengan bidang yang ditekuni dan potensi yang dijalankan," kata Meiliana.

Dikatakan, berdasarkan UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang kepemudaan, pasal 4 menegaskan bahwa pembangunan kepemudaan dilaksanakan untuk pelayanan kepemudaan. Untuk itu, pelayanan kepemudaan perlu disiapkan secara matang dan sistimatis, berkesinambungan dan dilaksanakan secara bertanggungjawab. Sementara fasilitasi dilakukan oleh pemerintah daerah, masyarakat atau organisasi kepemudaan, pendampingan ataupun, kepemimpinan pemuda.

Menurut Meiliana, pelaksanaan pelatihan semacam ini sangat penting utamanya dalam memberikan bekal kepemimpinan bagi para pemuda sebagai calon-calon pemimpin masa depan.

"Para pemuda adalah pemegang estafet kepemimpinan daerah, mungkin juga nasional. Karena itu, persiapkan diri dengan baik. Dua tiga puluh tahun ke depan, kalian lah yang akan memimpin pemerintahan, DPRD maupun menguasai usaha-usaha strategis swasta," ujar Meiliana.        

Sementara Ketua Umum Badko HMI Kaltim Hariyanto Minda mengatakan, training for trainers adalah pelatihan pertama yang dilakukan  Kohati Badko HMI Kaltim dan Kaltara.  

Acara juga dihadiri, Ketua Kohati Badko Kaltim-Kaltara Aliah,  perwakilan dari Komnas perempuan dan anggota  DPRD  Kaltim  Rita Artaty Barito. Selain dari Kaltim, peserta juga datang dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.  (mar/sul/es/hmsprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation