Kaltim Beri Kontribusi Besar untuk NKRI

Rusmadi: Harus Ada Manfaat yang Kembali ke Daerah

SAMARINDA–Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi MS mengungkapkan Pemprov Kaltim selama ini telah melakukan percepatan pembangunan di segala bidang, terutama infrastruktur, dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di seluruh wilayah Kaltim.

Namun, ujar dia, upaya yang sebenarnya ditujukan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat itu hingga saat ini belum diiringi dengan dukungan dari pemerintah pusat. Meskipun Kaltim merupakan salah satu provinsi yang berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) secara nasional sebesar Rp470 triliun.

“Ini merupakan ketidakadilan yang kita dapat dari pemerintah pusat. Kita memberikan kontribusi yang sangat besar kepada negara. semua itu didapatkan dengan eksploitasi minyak dan gas serta batu bara di sejumlah daerah yang menimbulkan dampak resiko sosial dan lingkungan yang tidak bisa dikembalikan. Seharusnya ada manfaat yang kembali kepada daerah,” ujar Rusmadi pada pertemuan dengan Komisi IX DPR RI di ruang rapat Tepian I Kantor Gubernur Kaltim, Senin (8/12). 

Demikian halnya dengan rencana Pemprov Kaltim yang bekerjasama dengan swasta untuk membangun sektor perkeretaapian khusus angkutan batu bara di wilayah pedalaman yang mendapat hambatan dari pemerintah pusat, karena adanya kebijakan untuk menghentikan pembangunan perkeretaapian.

Menurut Rusmadi, hal itu bukan saja menghambat investasi secara nasional namun juga memperlambat percepatan pembangunan di daerah. Karena, tujuan dari pembangunan rel kereta api di Kaltim bukan hanya untuk memudahkan jalur distribusi dan transportasi angkutan batu bara di Kaltim, namun juga untuk membuka keterisoliran wilayah pedalaman.

“Ini tujuan utamanya untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah, karena menghubungkan antar kabupaten/kota yang wilayahnya selama ini tidak terhubung. Selain itu, kereta api angkutan batu bara ini kedepan juga akan digunakan untuk angkutan penumpang. Kita ingin dukungan dari pemerintah pusat, khususnya melalui wakil-wakil rakyat yang ada di pusat,” jelasnya.

Namun, lanjut dia, Pemprov Kaltim akan terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Baik dalam membangun infrastruktur maupun menggali potensi-potensi ekonomi baru untuk masa mendatang. Untuk itu, Pemprov dalam beberapa tahun terakhir secara konsisten menjalankan program Beasiswa Kaltim Cemerlang.

“Ini tidak lain agar kualitas sumber daya manusia (SDM) Kaltim dapat terus ditingkatkan dan mampu bersaing dengan SDM dari daerah lain di Indonesia ataupun ASEAN. Dengan SDM yang unggul dan berkualitas juga diharapkan tongkat estafet pembangunan Kaltim dapat dilanjutkan,” harapnya. (her/sul/es/hmsprov)

 

///Foto : Plt Sekprov Kaltim Rusmadi menyerahkan plakat Pemprov Kaltim kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR H Syamsul Bahri yang menjadi pimpinan rombongan. (johan/humasprov)

 

Berita Terkait
24 PNS Ikuti Diklat Bahasa Inggris
24 PNS Ikuti Diklat Bahasa Inggris

22 Oktober 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

MAN I Menuju MAN Internasional
MAN I Menuju MAN Internasional

27 April 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

Forum CSR untuk Kesejahteraan Rakyat
Forum CSR untuk Kesejahteraan Rakyat

01 Agustus 2015 Jam 00:00:00
Pembangunan

2014 Kaltim Bangun 32 UPK
2014 Kaltim Bangun 32 UPK

12 Desember 2014 Jam 00:00:00
Pembangunan

Government Public Relation