Kaltim Bertekad Laksanakan Pembangunan yang Berkeadilan

JAKARTA – Dalam Rapat Kerja Pemerintah (RKP) 2013 yang dihadiri seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia serta Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengimbau agar para kepala daerah lebih mengutamakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Terkait dengan imbauan itu, Pemprov Kaltim terus berupaya memberikan pelayanan maksimal, sehingga dampak pembangunan daerah bisa dirasakan seadil-adilnya oleh masyarakat.

“Kita akan terus laksanakan pembangunan yang seadil-adilnya bagi seluruh rakyat Kaltim. Demikian pula pelayanan publik perlu terus ditingkatkan sesuai komitmen Pemprov bersama kabupaten dan kota untuk mensejahterakan masyarakat daerah,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak usai menghadiri Rapat Kerja Pemerintah 2013 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senin (28/1).

Berbagai prioritas pembangunan yang ditetapkan daerah lanjut Awang, semuanya merupakan upaya pemerintah Kaltim untuk meningkatkan kesejahteraan sekaligus mewujudkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Misalnya pembangunan bidang pendidikan dan kesehatan semuanya mengarah pada peningkatan taraf hidup dan derajat kehidupan masyarakat Kaltim. Baik yang berada diperkotaan terlebih masyarakat di pedalaman, perbatasan dan daerah terpencil.

Perhatian yang dilakukan pemerintah sama dan tidak membeda-bedakan. Sesuai  arahan Presiden agar seluruh aparatur pemerintah fokus dan memprioritaskan pada tugas-tugas negara dan pemerintahan untuk melayani rakyat daripada tugas-tugas politik.

Apalagi, memasuki tahun-tahun politik pada 2013 dan 2014 baik untuk pemilihan kepala daerah, pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden. Selaku pejabat negara hendaknya kondisi itu tidak berpengaruh terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan.

Khususnya bagi para kepala daerah, bupati dan walikota yang berhadapan langsung dengan rakyat di daerah masing-masing. Masyarakat menginginkan para pimpinan di daerah bersatu dan saling bersinergi untuk memajukan kehidupan rakyat.

“Saat ini masyarakat kita menunggu dan ingin melihat kinerja pemerintah yang terbaik untuk perubahan kehidupan lebih baik, sejahtera dan berkeadilan. Itulah seharusnya menjadi komitmen kepala daerah untuk saling bersinergi memajukan daerah,” ungkapnya.

Gubernur menambahkan, tema Rapat Kerja Pemerintah Tahun 2013 yakni “Indonesia Bisa Lebih Baik Lagi”, sangat sesuai dengan keinginan dan semangat pemerintah daerah dengan membangun Kaltim untuk semua guna mewujudkan Kaltim Bangkit 2013.

“Semangat dan komitmen Pemprov Kaltim ini sulit bahkan tidak akan terwujud tanpa  dukungan serta sinergitas pemerintah kabupaten dan kota terutama para bupati dan walikota maupun dukungan dan kekompakan seluruh rakyat Kaltim untuk mewujudkan,” ujar Awang Faroek.

Rapat Kerja Pemerintah Tahun 2013 dihadiri 1.666 peserta,  terdiri dari anggota kabinet dan setingkat menteri, pimpinan lembaga negara (MPR, DPR, DPD, MA, MK, BPK, Komisi Yudisial, KPK), pejabat eselon I kementerian/lembaga, pejabat TNI, Polri, BIN dan BPN, Gubernur, Ketua DPRD Provinsi, Bupati/Walikota, Kajati, Ketua Pengadilan Tinggi, BUMN dan BUMD. (yans/hmsprov).

Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (paling kiri) bersama Mendagri Gumawan Fauzi (tiga dari kiri) dan Bupati Penajam Paser Utara Andi Harahap (paling kanan) disela-sela Rapat Kerja Pemerintah 2013.(masdiansyah/humasprov kaltim)

Berita Terkait