Kaltim Bertekad Tahun Ini Bisa Meraih Provinsi Penggerak Koperasi

SAMARINDA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim optimistis predikat Provinsi Penggerak Koperasi tingkat nasional dapat diraih pada tahun ini, sesuai dengan target yang diharapkan Gubernur Kaltim, Dr. H. Awang Faroek Ishak.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kaltim, H. Mohammad Djailani, melalui Kepala Bidang Koperasi UMKM, Rodi Ahyandi di Samarinda, Senin (15/7).
Dijelaskan, predikat Kabupaten/Kota Penggerak Koperasi di Kaltim telah diraih oleh Kabupaten Kutai Barat, Kota Bontang dan Kabupaten Penajam Paser Utara. Sementara itu, pada tahun ini predikat serupa juga akan diusulkan ke Pemerintah Pusat untuk diberikan kepada Kota Samarinda, Balikpapan, dan Kabupaten Berau serta Kota Tarakan.
"Syarat untuk menjadi kabupaten/kota Penggerak Koperasi adalah komposisi koperasi aktifnya harus 75 persen dari jumlah koperasi terdata. Demikian juga untuk menjadi provinsi penggerak koperasi. Kita optimistis tahun ini Kaltim dapat memenuhi kriteria tersebut karena enam kabupaten/kota telah siap, di luar Kota Tarakan yang akan mewakili Kalimantan Utara," jelasnya.
Dijelaskan, hingga Desember 2012 jumlah koperasi aktif di 14 kabupaten/kota se Kaltim 6.111 unit dengan berbagai jenis usaha dengan jumlah anggota 436.058 orang. Adapun rata-rata pertumbuhan koperasi di Kaltim setiap tahun adalah 12,5 persen.
Berbeda dengan koperasi, jumlah usaha mikro di Kaltim tercatat sebanyak 29.559 unit, usaha kecil sebanyak 395.235 unit dan usaha menengah sebanyak 887 unit dengan total Usaha Mikro, Kecil dan Menengah 425.681 unit.
Sementara itu, untuk mewujudkan tekad sebagai provinsi Penggerak Koperasi, pada HUT Koperasi tingkat Kaltim ke-66 yang akan digelar di Balikpapan usai Idul Fitri, akan diadakan upacara dan pameran produk koperasi dan UMKM yang dibina Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Kaltim khususnya di Kota Balikpapan. Peringatan ini juga akan dijadikan memontum kebangkitan soko guru ekonomi rakyat dengan tema "Sejahtera Melalui Koperasi."
Selain upacara yang diikuti hingga seribu peserta, juga akan diberikan sejumlah penghargaan kepada koperasi dan tokoh berprestasi terhadap koperasi dan pemberian sejumlah bantuan berupa gerobak motor roda tiga, coolbox, alat timbangan, bantuan revitalisasi pasar dan bantuan kepada sejumlah mini market yang tergabung dalam koperasi.
"Kita ingin satukan tekad bahwa terget Kaltim sebagai Provinsi Penggerak Koperasi dapat terwujud pada tahun ini, bersamaan dengan  HUT Koperasi yang dipusatkan di Balikpapan," ujarnya.(yul/hmsprov).

Berita Terkait