Kaltim Dipercaya Mendekorasi Istana Negara

Peringatan HUT Ke-68 RI di Jakarta

SAMARINDA - Kaltim boleh berbangga karena pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-68  Republik Indonesia, diberikan kepercayaan mendekorasi sejumlah ruangan di Istana Negara Jakarta. Kepercayaan ini menjadi tanggungjawab besar bersama karena kesempatan ini tidak datang setiap tahun.
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi UKM (Disperindagkop dan UKM) Kaltim, H. Mohammad Djailani, Selasa, (13/8), terkait kepercayaan pemerintah pusat kepada Kaltim terkait dekorasi sejumlah ruangan istana negara.
"Memang benar Kaltim dilibatkan untuk mendekorasi sejumlah ruangan Istana Negara bersama tiga provinsi lain di Kalimantan. Panitia peringatan HUT ke-68 RI, mengambil dekorasi dengan nuansa Kalimantan," jelasnya.
Lanjut Djailani, kepercayaan dari Istana Negara ini dibebankan kepada Disperindagkop Kaltim untuk  mendekorasi dan menyiapkan sejumlah barang khas Kaltim yaitu taplak meja manik-manik dayak 75 helai, kain batik Kaltim aneka motif 100 helai,  kain jomoq atau kain baju dari kulit kayu 100 helai, tanaman kantung semar 200 pohon dan serutan kayu khas dayak 500 ikat.
Didampingi Kepala Bidang Industri Disperindagkop, H. Susilo Widodo dijelaskan bahwa keikutsertaan Kaltim ini memang untuk yang pertama kali secara khusus. Sebelumnya, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim pernah diminta untuk menyiapkan buah-buah lokal Kaltim.
Sebenarnya Kaltim tidak saja dipercaya untuk menyiapkan dekorasi dan  barang kerajinan, tetapi juga kesenian. Karena keterbatasan waktu persiapan, sehingga tim kesenian ini tidak jadi diberangkatkan dan diminta untuk terus berlatih.
"Jadi kemungkinan pada peringatan HUT RI tahun depan tim kesenian dari Kaltim akan diminta kembali karena telah melalui latihan panjang," jelasnya.
Sementara itu, Kepala UPTD Pelatihan, Produksi, dan Promosi UKM (UP3UKM), H. Mohammad Adil mengatakan, kesiapan barang-barang yang diminta Istana Negara tidak ada masalah,  karena industri kerajinan Kaltim mampu bersaing dalam produksi.
Hinggi hari ini, tim yang beranggotakan 15 orang dibantu sejumlah staf Disperindagkop telah menyiapkan barang-barang yang diminta. Bahkan pencarian kantung semar telah didatangkan dari Kutai Barat yang memiliki banyak sumber tanaman tersebut.
Terkait dekorasi istana, Disperindgkop Kaltim melibatkan dekorator dari Masyarakat Floristry Indonesia (MFI) yang memiliki kualifikasi dan keterampilan untuk dekorasi, penyajian bunga dan penataan ruangan.
"Kita berharap kepercayaan yang diberikan Istana Negara dapat dilaksanakan dengan baik sehingga Kaltim lebih dikenal oleh tamu baik dari dalam negeri maupun tamu dari negara sahabat yang tidak pernah ke Kalimantan khususnya ke Kaltim," harapnya.(yul/hmsprov).

///Foto : H. Mohammad Djailani
 

Berita Terkait
Government Public Relation