Kaltim Dorong Promosi dan Fasilitasi Produk Unggulan

Pembukaan Kaltim Fair 2013


SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim terus mendorong promosi dan fasilitasi berbagai produk unggulan daerah melalui berbagai kegiatan pameran baik yang berskala daerah, nasional dan internasional.
Demikian dikatakan Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak dalam pada pembukaan Kaltim Fair 2013 di Kompleks  Stadion Madya Sempaja Samarinda,  oleh Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, Rabu (27/3).
Kaltim Fair 2013  yang berlangsung lima hari, 27 – 31 Maret 2013, merupakan kegiatan tahunan yang menampilkan berbagai kegiatan perdagangan dan industri yang berorientasi kepada produk unggulan daerah, investasi, pariwisata, perusahaan binaan BUMN serta hasil pembangunan daerah.
Dari kegiatan ini diharapkan berbagai produk yang dihasilkan oleh pengusaha Kaltim dapat dikenal luas hingga ke tingkat nasional. Dengan semakin luasnya produk-produk unggulan daerah baik sektor riil maupun jasa, diharapkan nilai transaksi perdagangan tersebut semakin meningkat pula.
Terlebih, ujar Awang Faroek, Kaltim kini terus mengembangkan lokomotif baru pembangunan daerah, yaitu sektor pertanian dalam arti luas sebagai antisipasi berkurangnya sumber daya alam mineral dan pertambangan.
Bahkan keberhasilan pembangunan dan peningkatan investasi di Kaltim, sekaligus menempatkan Kaltim sebagai salah satu provinsi penyumbang terbesar terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto Nasional.
”Pada saat krisis global melanda Indonesia, terbukti sektor informal dari produk pertanian dalam arti luas yang di ekspor ke luar negeri dapat bertahan karena produknya dihargai dengan nilai Dollar Amerika,” ujarnya.
Kaltim Faior tahun ini diikuti ratusan stand dari berbagai sektor usaha baik pemerintah, swasta nasional, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), sektor jasa baik pariwisata dan perhotelan serta  sektor pendidikan.
Dalam rangkaian pembukaan Kaltim Fair, juga dilantik Pengurus Wilayah Ikatan Pemberdayaan Pedagang Kecil Indonesia (IPPKINDO) Kaltim yang dipimpin  Hj Nurhasanah beserta 55 anggota pengurus lainnya.
Selain itu, diserahkan juga bantuan UKM  untuk koperasi, kelompok UKM dan IKM 14 kabupaten/kota se-Kaltim, diantaranya bantuan berupa peralatan kemasan, cool box, gerobak PKL, peralatan kerja kerajinan rotan, peralatan kerja mebel kayu dan rotan, alat pembatik, alat transportasi roda tiga, perlatan ukir kayu, mesin jahit dan alat kelengkapan pembuatan  ulap doyo.(yul/hmsprov).

////Foto : Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, didampingi Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak memukul gong sebagai tanda dimulainya Kaltim Fair 2013.(syaiful/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation