Kalimantan Timur
Kaltim Dukung Anugerah Desa Wisata 2021

ist Kanhub Jkt

JAKARTA - Terkait penyelenggaran Anugerah Desa Wisata 2021 yang dilaunching Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Jumat (30/4/2021) secara virtual dari Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

 

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menegaskan Benua Etam mendukung dan siap mengikutsertakan desa wisata di daerah dalam ajang wisata nasional itu.

 

"Kita siap saja, kan Kaltim banyak desa-desa yang menjadi destinasi wisata," ucap Isran Noor singkat usai mengikuti launching Anugerah Desa Wisata 2021 dari Kantor Badan Penghubung Pemprov Kaltim Jalan Kramat II Kwitang Jakarta Pusat, Jumat (30/4/2021).

 

Menurut orang nomor satu Benua Etam ini, potensi desa menjadi destinasi wisata cukup besar dan Kaltim dengan 10 kabupaten/kota memiliki kekhasan unik dan berbeda.

 

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kaltim mengungkapkan Kemenparekraf telah menunjuk 244 desa di Indonesia mendapat pendampingan dan dikembangkan sebagai desa wisata. 

 

"Di Kaltim ada tiga desa yang terpilih, yakni Kedang Ipil dan Desa Pela di Kecamatan Kota Bangun Kutai Kartanegara, dan Desa Mentawir Kecamatan Sepaku Penajam Paser Utara," sebut Sri Wahyuni, via pesan whatsApp, Sabtu (1/5/2021).

 

Dijelaskannya, pengembangan potensi desa wisata sebagai salah satu cara pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata, termasuk di masa pandemi saat ini.

 

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat melaunching Anugerah Desa Wisata 2021 menargetkan lebih dari 500 desa yang terdaftar dalam ajang nasional ini.

 

"Seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Desa Wisata 2021 akan masuk ke dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia (Jadesta)," ujarnya.

 

Pendaftaran sejak 7 Mei - 26 Juni 2021. Pengumuman pemenang pada 7 Desember 2021.(yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait