Kaltim Expo 2015

Momentum Peningkatan Pembangunan Kaltim

SAMARINDA- Melalui pameran pembangunan dan ekonomi kreatif dan Kaltim Expo 2015 dalam rangka memperingati HUT ke 70 Kemerdekaan RI diharapkan dapat menjadi momentum peningkatan pembangunan di berbagai bidang dan menggugah partisipasi masyarakat, karena pembangunan yang dilakukan pemerintah perlu adanya dukungan semua pihak, termasuk berbagai komponen masyarakat yang tujuannya untuk mencapai keadilan dan kemakmuran serta kesejahteraan rakyat.

Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim Aji Sayid Fathur Rahman mengatakan, melalui pemeran dan expo ini juga dapat menjadi sarana promosi kegiatan usaha yang potensial yang selama ini berkembang di sejumlah kabupaten/kota, sebagai daerah tujuan investasi, perdagangan maupun wisata.

“Saya yakin dengan momentum ini, dapat menarik investasi bagi masing-masing daerah. Karena keberhasilan satu daerah menarik investasi dan mengembangan potensi usaha di wilayah masing-masing akan berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena itu, dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Aji Sayid Fatur Rahman usai membuka Pameran Pembangunan dan Ekonomi Kreatif dan Kaltim Expo 2015 di Halaman Parkir Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Jumat (21/8).

Dari kegiatan ini, diberikan kesempatan bagi para pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk memperkenalkan berbagai hasil produksi dan jasa untuk mendukung keberhasilan peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Bahkan, juga dapat menampilkan berbagai potensi objek wisata unggulan daerah guna mendukung program Visit Kaltim Year 2015, sekaligus memberikan hiburan yang bermanfaat bagi warga Samarinda khususnya dan Kaltim umumnya.

Menurut dia, perekonomian Kaltim saat ini berkembang pesat, seiring dengan banyaknya investor yang tertarik menanamkan modalnya di daerah ini. Potensi sumber daya alam Kaltim yang berlimpah membuat Kaltim dikenal oleh sejumlah pengusaha dalam dan luar negeri.

Karena itu, Pemprov Kaltim berharap dengan kegiatan ini dapat menarik investor lebih banyak lagi, termasuk investor dalam negeri dan bila perlu bisa menggugah para pengusaha daerah untuk menggeluti berbagai bidang usaha sesuai dengan potensi yang tersedia.

“Yang jelas, Pemprov Kaltim melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) berusaha memberikan layanan terbaik pada para investor menyangkut kepastian hukum, waktu dan kemudahan layanan birokrasi,” jelasnya.

Bukan hanya itu, Pemprov Kaltim berupaya keras melakukan revitalisasi pada semua bidang usaha untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah. Utamanya pada sektor pertanian dan menumbuhkembangkan sektor UKM, IKM dan koperasi, serta menciptakan wirausahawan baru dengan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten/kota se-Kaltim.

Dari kegiatan tersebut diikuti 284 peserta, mulai dari jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Perusahaan Swasta, serta pelaku UMKM dan pameran batu akik serta batu mulia. Even tersebut dilaksanakan sejak 21-25 Agustus 2015.(jay/adv)

//Foto: Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim Aji Sayid Fathur Rahman meninjau salah satu stan pamer. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation