Kaltim Fair 2018, Meiliana Minta OPD Beli Produk UMKM Lokal

Pj Sekprov Kaltim Meiliana berkeliling stand pameran melihat produk hasil karya UMKM usai membuka Kaltim Fair 2018. (yuvita/humasprov)

 

SAMARINDA - Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kaltim Diddy Rusdiansyah membuka Kaltim Fair 2018 yang dipusatkan di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda. Ajang pameran produk-produk UMKM ini digelar 4-8 April 2018.

 

Meiliana mengatakan, momentum Kaltim Fair tahun ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian semua pihak untuk mencintai produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Meiliana pun meminta agar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim membeli produk olahan UMKM lokal. Contoh, amplang dan ilat sapi maupun jajanan siap saji yang dibuat oleh masyarakat Kaltim. Sehingga produk pelaku usaha mikro semakin berkembang. "Dengan memanfaatkan produk dari pelaku usaha kita, maka membantu berkembangnya UMKM di Kaltim menjadi semakin maju," kata Meiliana didampingi Diddy Rusdiansyah usai membuka Kaltim Fair 2018, Rabu (4/4).

 

Produk tersebut, bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masing-masing OPD. Misal, kegiatan rapat staf di lingkungan Pemprov Kaltim maupun rapat-rapat di masing-masing OPD. Temasuk saat ada kunjungan dari tamu-tamu pusat dan luar daerah. Karena itu, Meiliana meminta agar pelaku usaha mikro bisa mengemas dengan bagus produk yang disajikan, sehingga menjadi produk bernilai jual tinggi dan tentu enak dimakan. Begitu juga dengan produk kerajinan tangan. Contohnya, sarung tenun maupun kalung manik. "Saya instruksikan agar OPD bisa membeli produk lokal kita. Sehingga mereka berkembang sukses. Dengan begitu OPD juga mempromosikan produk pelaku usaha mikro yang kita miliki, baik ketika rapat di lingkungan pemerintah daerah maupun ketika ada tamu dari luar," harap Meiliana. 

 

Menurutnya Kaltim Fair menjadi momentum membuka peluang usaha mikro di Kaltim hingga meningkatkan investasi di daerah. Apalagi saat ini sudah memasuki era MEA. Pelaksanaan Kaltim Fair tahun ini disiapkan stan di dalam ruangan sebanyak 54 unit dan di luar ruangan sebanyak 72 stan untuk kuliner dan 42 unit fashion. Stan pameran di dalam ruangan ditempatkan di Gedung Serbaguna Stadion Madya Sempaja Samarinda. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait