Kaltim Gelar Seleksi Calon Paskibraka Nasional

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar seleksi calon peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional. Seleksi ini diikuti 28 peserta dari 14 kabupaten dan kota  se-Kaltim yang digelar tiga hari sejak 6-8 Mei 2013.
“Seleksi Paskibraka merupakan agenda tahunan meskipun demikian  peserta Paskibraka yang akan dikirim ke tingkat nasional benar-benar orang yang memiliki kompetensi,” kata Kepala Dispora H Sigit Muryono saat mewakili Gubernur Kaltim usai membuka Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional 2013 di  Gedung Puslatda Komplek Stadian Sempaja  Samarinda, Senin (6/5).
Menurut Sigit, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak juga berpesan, agar para calon Paskibraka berlatih serius karena mereka calon pemimpin bangsa dan tidak boleh melupakan empat pilar berbangsa dan bernegara.
"Setelah digembleng tentang kecintaan  kepada tanah air tentunya mereka memiliki jiwa korsa yang tinggi dan siap menjadi calon  pemimpin bangsa masa depan," pesan gubernur.   
Saat ini sudah ada 28 peserta terdiri 14 putra dan 14 putri.  Proses seleksi akan memilih satu peserta terbaik putra dan satu peserta terbaik putri untuk mewakili Kaltim di tingkat nasional. Wakil Kaltim yang terpilih diharapkan  mampu membawa nama baik daerah ini.  
Sementara itu Ketua Panitia Seleksi Calon Peserta Paskibraka Tingkat Nasional M Syahril  menjelaskan, tujuan  seleksi Paskibraka adalah untuk meningkatkan persatuan di kalangan generasi muda, sekaligus membangun karakter pemuda dan membangun rasa cinta tanah air. Tujuan lainnya adalah membangun pemuda yang memiliki ahlaq mulia. Mereka akan tampil dan menjadi petugas pengibar bendera dalam peringatan  HUT Proklamasi Kemerdekaan RI  ke-68, tahun ini.
“Seleksi akan dibagi dalam empat kelompok yakni kelompok bahasa baik Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris serta lokal, kelompok kesehatan dan kelompok seni budaya serta kelompok Samapta dan keterampilan baris berbaris,” ujar Syahril.
Dua peserta terbaik putra dan putri akan menjadi wakil Kaltim untuk menjadi petugas Paskibraka di Istana Negara pada HUT Proklamasi 17 Agustus tahun ini. Sedangkan 26 peserta lainnya akan bergabung dengan petugas Paskibra tingkat provinsi. (sar/hmsprov).

///Foto : Sejumlah peserta seleksi calon anggota Paskibraka Nasional.(sarjono/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation