Kaltim Hadiri Rakor Pusat Dan Daerah TPID 2019

ist

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kaltim diwakili Staf Ahli Gubernur sekaligus Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim HM Sa'bani didampingi Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Kaltim Nazrin mengikuti Rapat Koordinasi Pusat dan Daerah Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) 2019, di Jakarta, Kamis (21/11/2019). 

Rakor yang mengangkat tema "Sinergi dan Inovasi dalam mendukung ketersediaan pasokan dan kelancaran distribusi pangan di daerah" digelar Kelompok Kerja Daerah Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri. 

Kepala Biro Perekonomian Nazrin menjelaskan terkait paparan yang disampaikan narasumber dari beberapa kementerian/lembaga, maka diperlukan sinergi antara pusat dan daerah untuk melaksanakan program 4K (keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif). 

"Perpindahan ibu kota negara (IKN) di Kaltim menjadi tantangan untuk penanganan inflasi, karena migrasi pegawai dari Jakarta ke lokasi baru IKN di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara, berdampak terhadap ketahanan pangan. Untuk itu diperlukan perluasan lahan pertanian dalam arti luas dan peningkatan produksi pangan," jelas Nazrin.

Disamping itu, sesuai arahan dari kementerian lanjutnya, daerah harus bisa mengoptimalkan infrastruktur pertanian dan logistik. Juga mengoptimalkan kerja sama perdagangan antar daerah.

Termasuk memperluas inovasi penggunaan teknologi informasi secara terintegrasi guna mendorong peningkatan produksi pertanian, pemasaran dan kelancaran distribusi. 

Narasumber Rakor diantaranya Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Eduard Sigalingging dan Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Bambang Prijambodo. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation