Kaltim Harus Miliki SDM, Berkualitas dan Berakhlak

 

SAMARINDA – Pemerintah sesuai dengan program prioritas pembangunan daerah untuk membangun dan membentuk sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang berkualitas dan berakhlak. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada rapat perencanaan pembangunan masjid Pemprov Kaltim di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Selasa (21/11).

 

Menurut dia, pembangunan SDM berkualitas dan berakhlak saat ini sudah menjadi program utamanya agar Kaltim mampu bersaing dengan daerah bahkan negara lain. “Saat ini sudah memasuki masa pasar global atau era masyarakat ekonomi ASEAN. Inlah pentingnya kita memiliki SDM yang berkualitas dan berakhlak agar berdayasaing,” katanya.

 

Kaltim ini lanjutnya, memiliki kekayaan alam yang berlimpah didukung berbagai potensi yang sangat besar dan memerlukan SDM terampil serta berkemampuan untuk mengelolanya. Maka, diperlukan SDM yang berkualitas serta terdidik dan terampil menguasai teknologi, keterampilan dan pengetahuan dalam mengelola sumber daya alam (SDA).

 

Selain itu, kondisi masyarakat dengan keterbukaan infromasi saat ini memerlukan orang-orang yang mampu memfilter dirinya agar tidak terikut pada hal-hal yang negatif. “Tentu diperlukan SDM yang berakhlak dan berkarakter untuk bisa menangkal pengaruh negatif keterbukaan informasi dan budaya asing,” jelasnya.

 

Awang menambahkan pemerintah pada dasarnya tidak membedakan pendidikan umum dengan agama tetapi sama-sama berjalan berkembang untuk pengembangan SDM Kaltim. “Selain sarana pendidikan juga sarana ibadah juga sarana untuk peningkatan keterampilan dan keahlian bagi SDM di daerah. Sehingga mampu mengoptimalkan diri menghadapi era pasar bebas bahkan ikut terlibat didalamnya bukan sekedar jadi penonton,” tegas Awang Faroek.(yans/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait